Sukses

Beauty

Cara Menikmati Manggis

Manggis adalah buah tropis yang manis dan kaya khasiat. Disebutkan bahwa manggis berguna untuk menyembuhkan disentri. Kandungan dalam manggis seperti fosfor, zat besi, kalsium, thiamine dan lainnya sangat bagus manfaatnya bagi tubuh seperti mengobati disentri atau eksim. Buah tanaman ini berwarna putih dan terdapat biji yang tertutupi oleh daging buahya. Buah manggis tertutupi oleh sejenis cangkang yang mirip dengan kulit tebal. Nah, agar bisa menikmati tanaman obat ini?

Penggunaan tanaman obat ini bisa dengan cara dibuat jamu, dbuat salep, atau langsung dinikmati. Menurut laman ehow.com cara menikmati buah manggis dimulai dari cara memilih manggis. Pilih buah manggis yang cangkangnya berwarna ungu tua dan kulit buahnya tidak terdapat warna kekuningan. Bagian bawah buah yang berupa daun mempunyai warna hijau dan tidak ada warna coklatnya. Daging buah yang bagus harus segar dan jika ditekan dengan jari masih terasa agak keras namun tetap lembut.

Kulit manggis agak keras, jadi jika ingin menikmati buahnya gunakan bantuan pisau untuk membuka kulitnya. Belah menggunakan pisau yang tajam namun jangan terlalu dalam karena akan terkena daging buahnya. Hati-hati juga saat mengupas kulitnya karena sari yang dikeluarkan manggis bisa menyebabkan noda yang sulit sekali dihilangkan.

Dengan gerakan yang cepat namun tetap terkendali potong buah manggis tanpa merusak isi didalamnya. Nah, setelah itu buka bagian kulit buah hingga terlihat buahnya. Biasanya buah manggis terdiri dari 5-7 buah dengan biji di dalamnya. Buang biji, buang kulit buah yang menempel dan nikmati daging buahnya. Selamat menikmati.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading