Sukses

Beauty

Bahayanya Kalau Pakai Deodorant Berlebihan

Menjaga penampilan bukan sekedar yang bisa dilihat oleh mata, tetapi juga oleh indera lainnya. Penampilan Anda dinilai baik ketika aroma tubuh juga selalu segar dan harum, tidak meninggalkan bau badan yang justru mengganggu.

Perkembangan teknologi kemudian menciptakan deodorant, yang dapat membantu mengurangi problem bau badan. Selain itu, deodorant juga dapat memutihkan ketiak, serta mengurangi kelebihan keringat.

Cara kerja deodorant sendiri pada umumnya adalah menetralisir dan mencegah bau badan. Menggunakan zat kimia berupa senyawa alumunium, yang akan mempengaruhi kerja kelenjar keringat sehingga tubuh memproduksi keringat dalam jumlah kecil.

Dikutip dari Indiatimes, Dr. Sunita sebenarnya mengingatkan bahwa memakai deodorant berlebihan kurang baik bagi tubuh. "Penggunaan senyawa alumunium dan paraben pada deodorant dapat beresiko mempengaruhi hormon estrogen dan kelenjar payudara. Pada beberapa kasus penderita kanker payudara, senyawa ini wajib dihindari karena memicu perkembangan sel kankernya," ungkap Dr. Sunita.

Pendapat lain tentang deodorant

Dr. Abhijit Desai berpendapat berbeda dengan Dr. Sunita. Menurutnya, kandungan alkohol pada deodorant justru yang lebih berbahaya. Apabila jumlahnya terlalu tinggi, dapat menyebabkan iritasi pada kulit, kemerahan dan gatal-gatal.

Sejauh ini, untuk mengatasi problem-problem seperti disebutkan di atas, para ahli menyarankan lebih berhati-hati memilih deodorant. Inilah panduan membeli deodorant dari para ahli:

  • Cermati dan baca kandungan dalam deodorant, lebih baik hindari kandungan alumunium dan paraben yang terlalu tinggi.
  • Pilih deodorant stick ketimbang deodorant spray karena kandungan alkoholnya lebih rendah. Sekalipun aromanya lebih tidak tahan lama, tetapi deodorant jenis ini lebih ramah pada tubuh dan lingkungan.
  • Pilih deodorant yang memang sudah terpercaya merknya, bukan yang sekedar murah dan wangi.

Apakah harus berhenti memakai deodorant untuk menghindari resiko bahaya?

Tidak perlu kok. Sebenarnya memakai deodorant banyak juga manfaatnya, terutama bagi penampilan. Namun, perlu diingat agar tetap menggunakan deodorant dengan bijak saja, dan ikuti langkah-langkah memilih deodorant di atas.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading