/data/vemale/data/detailjson/kesehatan/42346-sayuran-kehilangan-zat-anti-kanker-saat-direbus-lalu.json
Kesehatan: Sayuran Kehilangan Zat Anti Kanker Saat Direbus, Lalu? | Vemale.com

Sayuran Kehilangan Zat Anti Kanker Saat Direbus, Lalu?

Jum'at, 15 November 2013 10:20



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Sayuran memberikan manfaat yang luar biasa. Selain untuk diet, banyak orang mengonsumsi sayuran untuk kesehatan mereka. Banyak pula orang mengonsumsi brokoli dengan alasan kesehatan daripada memperhitungkan rasanya. Penelitian terbaru mengatakan bahwa jika Anda mengolah sayuran dengan cara yang salah, itu hanya akan membuang-buang waktu Anda. Para ahli menemukan bahwa brokoli akan kehilangan zat untuk melawan kanker jika dimasak dengan direbus atau dimasak menggunakan microwave terlalu lama.

Lalu bagaimana cara memasak sayur yang benar?

Tenang Ladies, seperti dilansir dari dailymail, para peneliti dari American Institute for Cancer menemukan cara terbaik untuk memasak sayur, yakni mengukus sayur hanya selama 3-4 menit Ladies. Mereka mengatakan bahwa Anda perlu mengukus brokoli hanya hingga zat hijau yang dapat melawan kanker keluar.

Brokoli adalah sumber utama dari sulforaphane, yaitu senyawa tanaman alami yang telah terbukti menjadi pelindung alami terhadap penyakit kanker. Brokoli juga mengandung enzim mikrosinase digunakan oleh sulforaphane untuk membentuk zat anti kanker. Jika Anda memasak brokoli atau pun sayuran lain terlalu lama, enzim mikronase akan hancur dan sulforaphane tidak akan membentuk zat anti kanker.

Para peneliti juga menemukan bahwa brokoli yang direbus atau yang dimasak menggunakan microwave, bahkan hanya semenit, akan menghancurkan enzim mikrosinase. Tetapi jika Anda mengukus brokoli selama maksimal 5 menit, hal ini akan mmepertahankan jumlah enzim mikrosinase.

"Seringkali orang memasak makanan agak lama hanya untuk meningkatkan rasa dan membunuh kuman. Tetapi tugas kita sekarang adalah memasaka makanan supaya kandungan zat di dalamnya tidak hilang," ujar Dr. Elizabeth Jeffery, seorang peneliti pada University of Illinois di Urbana.

Dr. Jefferey menemukan bahwa brokoli yang dikukus atau dimasak menggunakan mikrowave akan tetap mempunyai zat pelawan kanker, jika dimakan dengan brokoli mentah yang mengandung enzim mikronase.

Jadi Ladies, mulai sekarang, coba pilihlah cara yang tepat untuk memasak sayuran. Lebih baik dikukus dari pada direbus atau dimasak menggunakan mikrowave ya Ladies.

MENARIK UNTUK DI-KLIK:

5 Camilan Yang Bikin Berat Badan Bertambah

5 Alasan Lebih Baik Makan Telur Utuh Bukan Putihnya Saja

Sejuta Khasiat Mengonsumsi Buah Delima

Egg White and Melon Juice

Teh Bikin Anda Bahagia, Sehat dan Cerdas, Yay!

Memanaskan Sayur Bayam Itu Berbahaya Bagi Kesehatan

(vem/and)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

1 September - 7 September
Capek sekali di minggu ini namun Anda harus tetap bertahan Pertahankan...