Sukses

Beauty

Teh Bikin Anda Bahagia, Sehat dan Cerdas, Yay!

Sama-sama memiliki kandungan kafein, teh lebih digemari karena punya khasiat yang lebih lengkap ketimbang kopi.

Disebut-sebut dalam jurnal Clinical Nutrition Amerika yang terbit Desember nanti, teh menjadi minuman yang disarankan dikonsumsi setiap hari karena membantu problem penurunan berat badan, menyehatkan tulang, meningkatkan mood dan bahkan merawat kecantikan kulit.

Mereka yang biasa mengonsumsi kopi disarankan menggantikannya dengan teh untuk memetik khasiat yang jauh lebih lengkap. Kabar ini dibenarkan oleh Julie Upton, peneliti diet dan media resource Academy of Nutrition of Dietetics, "untuk meningkatkan kesehatannya, seseorang harus mengonsumsi 3-4 cangkir teh setiap hari," ungkapnya. Apakah sebesar itu manfaat teh? Hmmm tentu saja iya. Simak saja manfaat mengonsumsi teh setiap hari sebagai berikut.

Meningkatkan produktivitas

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi 2-3 cangkir teh selama 90 menit dapat meningkatkan kewaspadaan, fokus, konsentrasi, bahkan membuat orang lebih kreatif saat bekerja. Hal ini disebabkan karena kandungan L-theanine dan stimulasi kafein yang diserap di dalam otak.

Membuat bahagia

Teh menciptakan perasaan bahagia yang meningkatkan mood serta membuat Anda tersenyum. L-theanine disebut yang dapat menimbulkan perasaan bahagia ini dan memicu dopamine serta hormon serotonin di dalam otak.

Menurunkan berat badan

Mereka yang minum teh hijau dalam program dietnya memiliki BMI yang lebih rendah, lingkar pinggul yang lebih kecil serta jumlah lemak tubuh yang seimbang. Penyebabnya adalah polyphenol yang membantu meningkatkan oksidasi lemak, meningkatkan energi serta metabolisme basal.

Dengan mengonsumsi teh ini, Anda bisa membakar 100 kalori lebih banyak saat berolahraga ketimbang saat tidak meminumnya.

Menyehatkan tulang

Mencegah osteoporosis tak harus dengan bergantung pada susu. Jika Anda kurang suka pada susu, Anda bisa memetik manfaatnya melalui teh.

Polyphenol dapat meningkatkan produksi massa tulang dan mencegah pengeroposan tulang terutama pada wanita usia menopause.

Menyehatkan jantung

Selain menyehatkan tulang, teh juga menyehatkan jantung Anda lho. Teh hitam misalnya, dapat mempengaruhi kandungan lemak di dalam tubuh, menyeimbangkan tekanan darah serta memperlancar jalannya peredaran darah.

Dapat disimpulkan, apabila Anda rutin mengonsumsi teh setiap hari, Anda akan lebih bahagia, lebih sehat dan lebih cerdas dalam beraktivitas. Tak ada ruginya kan memulai kebiasaan mengonsumsi teh setiap hari?

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading