/kesehatan/41985-efek-samping-dari-lidah-buaya.html

Efek Samping Dari Lidah Buaya

Sabtu, 09 November 2013 08:57



(c) shutterstock

Vemale.com - Lidah buaya sudah dikenal manfaatnya dalam untuk kulit, pencernaan, jantung, liver, dan ketahanan tubuh. Adapun efek samping yang timbul tidak terlalu serius dan hanya terjadi pada sedikit orang.

Meskipun begitu Anda perlu tahu efek samping yang pernah terjadi pada penggunaan lidah buaya. Menurut laman healthyeating.sfgate.com, lidah buaya mungkin menurunkan kadar gula darah yang terdapat pada obat diabetes dan dapat menyebabkan hilangnya kalium jika dipakai dengan pil air atau diuretik untuk kondisi jantung. Bagi Anda yang menderita diabetes perlu mewaspadai hal ini.

Efek samping lain dari lidah buaya adalah diare dan kram perut jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Hal ini disebabkan oleh efek pencahar pada lidah buaya yang diminum kata laman nccam.nih.gov. Anda juga bisa merasakan sakit yang tidak tertahankan dan bahkan dehidrasi.

Dalam laman aloeverahq.com, pada tahun 2011, National Toxicology Program melakukan penelitian yang menemukan bahwa seluruh daun lidah buaya yag ditambahkan ke dalam air tikus selama dua tahun meningkatkan risiko kanker usus besar. Hasil penelitian ini meski cukup mengagetkan, tapi masih belum jelas apakah akan berdampak sama pada manusia. Untuk itu Anda harus mengkonsumsi lidah buaya dalam dosis yang tepat, untuk menghindari hal buruk yang mungkin terjadi.

Oleh: Hening

(vem/rsk)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

27 Oktober - 2 November
Anda mengalami kegalauan di bidang karir Ladies Anda harus lebih banyak...