/kesehatan/41866-waktu-yang-tepat-untuk-minum-kopi.html

Waktu Yang Tepat Untuk Minum kopi

Sabtu, 09 November 2013 10:00



(c) wallstreetinsanity.com

Vemale.com - Ladies, Anda terbiasa mengonsumsi kopi? Tidak minum kopi sehari rasanya badan lemas tak karuan. Itu tandanya Anda sudah 'kecanduan' minuman yang rasanya pahit ini. Kopi memang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Kafein yang dikandung oleh kopi juga banyak memiliki efek negatif.

Tetapi Ladies, seperti yang dilansir dari thoughtcatalog.com, kopi mempunyai efek baik jika Anda mengonsumsinya di waktu yang tepat. Biasanya Anda mengonsumsi kopi pada malam atau pagi hari saat bangun tidur. Sebaiknya Anda mengubah kebiasaan Anda ini Ladies.

Kopi baik dikonsumsi setelah pukul 9 pagi. Karena pada jam-jam ini tubuh perlu untuk menyeimbangkan hormon kortisol. Guna hormon kortisol ini sendiri adalah untuk mengatur tingkat stres Anda Ladies. Pada saat bangun pagi, hormon kortisol yang dihasilkan oleh tubuh sedang tinggi. Sehingga Anda tidak perlu menyeimbangkan jumlah hormon kortisol.

Karena fungsi kafein adalah meningkatkan jumlah hormon pengatur stres, jika Anda mengonsumsi kopi pada pagi hari, tingkat hormon kortisol akan semakin tinggi. Tingginya jumlah hormon kortisol akan membuat tubuh Anda merasa kecanduan. Rasanya Anda akan lemas sepanjang hari jika tidak mengonsumsi kopi. Dan dapat dipastikan, konsumsi kopi yang berlebihan dapat berefek negatif pada kesehatan jantung.

Steven Miller, seorang ahli syaraf di Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Maryland mengatakan, "Minuman berkafein lebih baik dikonsumsi setelah pukul 9 pagi. Hal ini akan menyeimbangkan jumlah hormon kortisol. Pada pukul 8-9 pagi, tubuh menghasilkan hormon kortisol dengan jumlah yang tinggi. Maka jumlah hormon ini tidak perlu diseimbangkan lagi".

Selain pukul 8-9 pagi, tubuh memproduksi hormon kortisol paling banyak pada pukul 13.00 dan 17.30 hingga 18.30. "Minum kopi yang paling efektif adalah pada antara pukul 09.30 dan 11.30, ketika jumlah kortisol menurun drastis dan sebelum meningkat lagi pada siang hari," ingat Steven.

Jadi hindari minum kopi pada jam-jam itu ya Ladies. Dan ingat jangan berlebihan.

MENARIK UNTUK DI KLIK:

Foto Lucu Anak Kucing Duduk di Timbangan

Aww.. Lucunya Anjing Malu-Malu Minta Maaf

Menakjubkan, Para Serangga Ini Memiliki 'Wajah' di Tubuhnya

10 Foto Hewan Paling Romantis di Dunia

Kucing Lucu Ini Suka Memandangi Ikan di Pet Shop

(vem/and)

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----






ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Sagitarius

22 Desember - 28 Desemebr
Anda mungkin tidak akan menjalani hari yang baik di awal minggu...