Sukses

Beauty

Efek Samping Yang Dapat Timbul Karena Kemangi

Daun beraroma segar ini memang memiliki banyak manfaat. Kemangi sudah digunakan sebagai bahan makanan dan juga untuk obat-obatan. Ladies pun pasti sudah sering memanfaatkannya untuk berbagai macam cara.

Selain manfaat, kemangi, dalam kondisi tertentu, juga memiliki efek samping yang mungkin tidak Anda sadari. Efek samping tersebut antara lain.

1. Efek samping eugenol
Eugenol adalah kandungan utama yang terdapat dalam kemangi. Eugenol ini dapat menyebabkan nafas pendek, darah di air seni, tenggorokan dan lidah yang terasa terbakar, jantung berdebar, dan mual. Eugenol ini sama dengan yang ada di dalam cengkeh.

2. Penipisan sel darah
Sangat tidak dianjurkan mengonsumsi kemangi bersamaan dengan obat anti penggumpalan darah. Pendarahan bisa terjadi apabila keduanya dikonsumsi bersamaan.

3. Menurunkan kesuburan
Wanita yang hamil, merencanakan hamil, dan juga menyusui tidak dibolehkan mengonsumsi kemangi karena kemangi dapat menimbulkan penurunan kesuburan. Meskipun tes ini ditemukan dari pemberian kemangi terhadap hewan, tapi ada baiknya untuk berjaga-jaga.

4. Hipoglisemia
Livestrong.com menjelaskan, kemangi sebenarnya dapat menurunkan gula darah. Tapi ini tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes. Menggigil, pusing, hingga pingsan dapat terjadi saat keduanya bertemu.

Kemangi juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat yang bersifat acetaminofen karena kemangi bersifat anti peradangan. Kunjungi dokter untuk informasi lebih lanjut dan info di atas dapat Ladies jadikan sebagai langkah antisipasi.

Oleh: Faris Faishal

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading