Sukses

Beauty

Tradisi Menindik Hidung di India

Anda pecinta Bollywood? Pastinya Anda pernah bertanya-tanya mengapa wanita di India selalu menghiasi hidung mancung mereka dengan berbagai perhiasan seperti cincin hidung, emas, hingga berlian? Haruskah mereka melakukannya?

Menurut hindu-blog.com, memakai perhiasan tindik di hidung wanita India bukanlah keharusan dari agama Hindu. Tidak ada pula teks dari zaman kuno India yang menghubungkan kecantikan wanita dengan tindik. Hanya saja, beberapa alasan menjadi latar belakang ditindiknya hidung wanita-wanita India ini.

Penyebab tindik hidung berbeda dari satu wilayah dengan wilayah lainnya. Sebuah teks dari jaman Ayuwvedic dari Sushruta Samhita mengatakan bahwa tindik hidung telah dilakukan sejak dulu untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan juga untuk melindungi wanita dari infeksi nasal.

Perhiasan hidung sangat popular di India Selatan, terutama di Tamil Nadu, bagian dari Andhra Pradesh dan Karnataka yang digunakan baik oleh wanita yang sudah menikah atau pun masih lajang. Mookkuthi, begitu tindikan ini disebut. Tindikan ini sangat terkenal dengan desain yang seperti burung dan ikan kecil.

Cincin hidung popular di daerah India Utara dan memang diharuskan saat upacara pernikahan. Cincin ini bisa terbuat dari emas, mutiara, atau berlian. Dalam masyarakat Hindu di daerah ini, tindik hidung tidak pernah dilepas karena merupakan simbol dari wanita yang telah bersuami seperti halnya mangal sutra dan sindoor.

Tidak ada pula keharusan harus memakai cincin hidung di sayap kanan atau kiri hidung. Maharashtra menggunakan cincin hidung di kiri, sedangkan wanita Gujarat memakainya di kanan. Ukurannya juga bervariasi. Namun cincin besar biasanya hanya digunakan saat upacara pernikahan.

Kini wanita India menjadikan tindik hidung sebagai model fashion yang trendy. Namun ada pula, wanita yang tidak setuju dengan digunakannya tindik karena repotnya menggunakan tindik hidung dalam berbagai aktivitas.

Oleh: Kustin Ayuwuragil D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading