Sukses

Beauty

5 Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Oleh Vegetarian

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian, sangatlah penting untuk mengetahui nutrisi apa saja yang Anda butuhkan setiap hari. Seperti yang dilansir dari fitnea.com, berikut adalah 5 nutrisi penting bagi Anda yang seorang vegetarian.

Protein
Protein merupakan bagian penting dari diet apapun. Asupan harian rata-rata untuk wanita adalah 50 gram dan 60 gram untuk pria. Protein banyak terkandung dalam kacang-kacangan. Kedelai juga tersedia dalam bentuk fermentasi, seperti tempe, tahu, keju, dan yogurt.

Jangan lupa untuk menghindari makanan replika daging yang katanya mengandung protein. Bahan-bahan ini merupakan bahan olahan yang sudah sangat berkurang nilai gizinya. Replika daging ini biasanya terbuat dari bahan kedelai. Asam fitat yang tersisa dalam produk olahan kedelai menghambat penyerapan seng dan zat besi. Hal ini teruji dari hewan yang digunakan sebagai percobaan, mereka mengalami pembengkakan pankreas, kelenjar tiroid, serta pengendapan asam lemak di hati.

Seng dan zat besi
Darah yang sehat adalah darah yang banyak mengandung zat besi. Rata-rata asupan zat besi harian untuk wanita 20-50 tahun adalah 19 mg. Sedangkan untuk wanita berusia lebih dari 50 tahun, hanya membutuhkan 9 mg/hari. Lelaki dewasa membutuhkan 7 mg saja.

Karena tubuh manusia tidak menyimpan seng, Anda dapat mendapatkan senyawa ini dari makanan yang Anda makan. Seng berfungsi untuk kekebalan tubuh, metabolisme sel, penyembuhan luka, dan pembelahan sel. Asupan harian yang dibutuhkan wanita adalah sebesar 7 mg dan untuk laki-laki adalah 10 mg. Sumber zat besi dan seng terbesar adalah dari sayuran hijau, seperti bayam, sawi, dan brokoli.

Kalsium
Tubuh Anda membutuhkan kalsium untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat, serta memperbaiki fungsi sistem syaraf Anda. Rata-rata asupan harian untuk orang dewasa adalah 1001-1199 mg. Kalsium dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti brokoli, rumput laut, dan kubis cina, serta dari produk yang mengandung susu.

Vitamin B12
Para vegetarian yang tidak mengonsumsi susu atau telur membutuhkan nutrisi dari vitamin B kompleks atau B12. Mereka membutuhkan asupan sekitar 1,6 mg. Jamur, kedelai fermentasi, ganggang laut dan sayuran merupakan jenis makanan yang mengandung B12.

Asam Lemak Esensial
Bagaimanapun juga tubuh membutuhkan lemak berkualitas untuk membantu menyerap vitamin. Lemak baik juga berfungsi untuk energi, mengatur kolesterol, menjaga kesehatan jantung dan banyak fungsi lainnya. Asupan harian yang direkomendasikan untuk asam lemak adalah sekitar 1-2 sendok makan. Makanan yang banyak mengandung asam lemak atau omega 3 adalah minyak zaitun, minyak wijen, minyak kelapa, serta minyak dari sumber bahan nabati lainnya.

Bukan hanya vegetarian rasanya yang membutuhkan vitamin-vitamin tersebut di atas. Semua orang membutuhkannya. Selamat menjalani hidup sehat ya Ladies!

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading