Sukses

Beauty

5 Makanan Vegetarian Yang Seharusnya Tidak Anda Makan

Apakah Anda seorang vegetarian? Tidak semua vegetarian mengonsumsi makanan sehat. Banyak makanan tinggi kalori yang tidak baik untuk kesehatan Anda, meskipun bahan dasarnya adalah sayur. Makanan-makanan berkalori tinggi ini merupakan makanan yang terlalu banyak diproses. Itulah sebabnya, jika Anda adalah seorang vegetarian atau sedang melakukan diet sehat, pilihlah makanan segar. Seperti yang dilansir dari epyk.com, meskipun Anda sering membeli makanan khusus vegetarian, cobalah untuk menghindari kelima makanan ini.

Segala sesuatu yang diproses dengan kedelai

Ketika berjalan-jalan, Anda akan menemukan banyak makanan yang mengandung kedelai. Kedelai sering digunakan supaya makanan terlihat seperti daging, burger, hot dog, atau ayam. Ada banyak modifikasi makanan yang dijual di pasaran untuk kita konsumsi. Kebanyakan makanan modifikasi ini berasal dari luar negeri, dan saat kita konsumsi pasti kadar nutrisi dan gizi sudah menurun.

Kedelai adalah makanan rekayasa genetika utama. Apa sih rekayasa genetika itu ya Ladies? Seperti yang dikutip dari biologi-sel.com, rekayasa genetika adalah suatu proses manipulasi gen yang bertujuan untuk mendapatkan organisme yang unggul. Rekayasa genetika mempunyai kemungkinan yang tinggi untuk gen menghasilkan mutasi yang tidak diinginkan dan sifat-sifat yang menyebabkan alergi pada tanaman dan menghambat nilai gizi. Penelitian menunjukkan bahwa 94% kedelai adalah rekayasa genetika. Para vegetarian sering mengonsumsi kedelai yang sudah diproses. Yang sering Anda temui adalah makanan dengan label isolat protein kedelai atau konsentrat protein kedelai, termasuk burger kedelai, minyak kedelai, es krim kedelai, atau kedelai keju. Jika demikian, kedelai tidak hanya merupakan makanan modifikasi, tetapi juga mengandung lemak dan komponen-komponen lain yang tidak sehat.

Veggie burger atau burger untuk vegetarian

Jika Anda sedang 'ngidam' burger, sebaiknya Anda menggunakan jamur Portobello dengan ukuran besar atau resep buatan sendiri dengan biji-bijian atau kacang-kacangan. Hindari burger olahan untuk vegetarian. Banyak toko menjual burger rendah lemak dan kalori dengan menggunakan sayuran yang dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai daging. Mereka menjual menu ini sebagai rekomendasi dengan alasan pilihan kesehatan. Tetapi yang perlu Anda sadari adalah bahan kimia, zat adiktif, bahan pengawet, serta minyak yang terkandung dalam burger tersebut. Jika Anda benar-benar ingin membeli, pilihlah toko yang menjual burger dengan bahan-bahan organik dan tanpa bahan pengawet ya Ladies!

Canola atau kedelai pengganti mentega

Kebanyakan mentega untuk si veggie terbuat dari canola ataupun minyak kedelai. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya ya Ladies, kedelai dan canola termasuk dalam makanan modifikasi yang tidak sehat. Canola oil merupakan minyak yang berasal dari bunga canola. Bunga ini sendiri sudah dimodifikasi secara genetik untuk menjadi kebal terhadap herbisida pada tahun 1995. Hal ini menyebabkan harga canola menjadi murah. Canola juga disinyalir mengandung racun bagi makhluk hidup dan sering digunakan sebagai penolak serangga. Minyak canola sangat terkait dengan penyakit pernapasan, kanker paru-paru, sembelit, dan iritasi. Hati-hati Ladies!

Makanan apapun berlabel protein sayuran

Jika mendengar kata protein sayuran pasti Anda berpikir bahwa sayur adalah pasokan protein pertama dalam suatu masakan. Biasanya, bukan sayuran yang menjadi pasokan utama dalam protein ini tetapi produk kedelai. Setiap membicarakan kedelai, coba baca kembali poin pertama ya Ladies.

Selama pengolahan, protein nabati mengalami sebuah proses yang cukup berbahaya. Proses ini menggunakan heksana atau senyawa yang digunakan untuk penyulingan bensin. Hal ini dilakukan untuk memisahkan protein dari minyak kedelai. Jika Anda mengonsumsi ini secara terus-menerus, akibatnya adalah kerusakan syaraf.

Keripik dan makanan siap saji

Beberapa orang yang beralih menjadi vegetarian merasa senang karena mereka masih dapat menikmati beberapa jenis makanan siap saji. Sebut saja keripik. Setiap makanan siap saji adalah makanan yang tidak sehat dan tinggi kalori. Makanan siap saji mengambil peranan besar dalam meningkatkan berat badan.

Diet yang menggunakan junk food atau keripik-keripik buah atau sayur dapat menyebabkan masalah hormon. Diet sehat membutuhkan asupan gizi yang memadai supaya tubuh berfungsi dengan baik. Makanan siap saji juga cenderung memiliki kadar gula atau natrium yang tinggi, tergantung Anda mengonsumsi makanan manis atau asin. Makan terlalu banyak garam dapat menyebabkan penyakit hati, ginjal, atau tekanan darah tinggi. Sedangkan makan terlalu banyak gula dapat menyebabkan diabetes, jerawat, kanker ovarium, dan radang sendi.

Mulai sekarang, hindari makanan-makanan tersebut ya Ladies. Konsumsilah makanan-makanan organik tanpa bahan pengawet dan hindari produk-produk olahan. Salam sehat!

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading