Sukses

Beauty

Obat Alami Untuk Mengatasi Batuk Kering

Namanya juga sakit, tidak ada yang rasanya enak. Tetapi, salah satu penyakit yang bikin kesal adalah saat batuk kering. Tenggorokan rasanya seperti tak pernah tersentuh air, mirip dengan gurun pasir lah. Kemudian, kalau dibiarkan dada akan terasa sakit, dan tenggorokan bisa lecet.

Batuk seperti ini jauh lebih menyebalkan ketimbang batuk berdahak. Sekalipun sama-sama tidak enak, tetapi memang batuk kering ini sangat berbahaya dan bisa mengancam pita suara Anda.

Apabila saat ini Anda terserang batuk kering dan belum sempat membeli obat atau pergi ke dokter, mari atasi dengan cara alami berikut ini:

Minum air putih

Obat terbaik untuk batuk kering adalah minum air putih. Air putih akan membantu meredakan rasa kering dan gatal di tenggorokan. Memperbanyak konsumsi air putih akan meminimalisir terjadinya lecet pada tenggorokan.

Makan permen

Beberapa permen justru dapat melegakan tenggorokan. Cari permen herbal, seperti misalnya permen kayu putih yang memberikan efek lega sehingga tenggorokan terasa lebih nyaman. Namun, jangan mengonsumsi berlebihan karena gulanya buruk bagi kesehatan Anda.

Minum teh herbal

Punya problem tenggorokan yang mengganggu, lebih baik siapkan secangkir teh herbal yang hangat. Teh herbal ini akan membantu mencegah infeksi di tenggorokan. Bakteri-bakteri akan mati sehingga sakit tenggorokan tidak parah.

Jahe

Bahan terbaik untuk membantu mengatasi problem sakit tenggorokan adalah jahe. Menyeduh jahe dan meminumnya selagi hangat akan memberikan rasa hangat di tenggorokan, dan meredakan yang terasa sakit akibat kering.

Minum cuka apel

Seduh cuka apel dengan air hangat dan minum sedikit demi sedikit. Ramuan ini akan membantu meredakan rasa sakitnya. Aman dikonsumsi walaupun tenggorokan terasa sakit. Cuka apel ini juga akan membantu mencegah infeksi sehingga tenggorokan lekas pulih.

Berkumur dengan garam

Lebih baik berkumur dengan garam apabila Anda merasa tenggorokan Anda tidak nyaman dan kering. Garam akan membantu melegakan serta meredakan rasa sakitnya. Sebagai antibakteri, garam akan mencegah infeksi bakteri dan sakit tenggorokan.

Kayu manis

Batuk kering yang bikin sakit dapat diobati dan diringankan sakitnya dengan minum air rebusan kayu manis. Tambahkan sedikit gula dan garam sehingga ia dapat membantu melegakan tenggorokan.

Bagaimana, apakah rasanya sudah lebih baik? Apabila memang sakitnya sangat mengganggu dan badan Anda demam, lebih baik segera kunjungi dokter sehingga lekas mendapatkan penanganan khusus.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading