Sukses

Beauty

Waspadai Penyakit Jantung Sejak Dini

Kini, kerapkali terjadi kasus orang mati mendadak di usia muda Ladies. Setelah ditelusuri, ternyata sebagian besar penyebabnya adalah gangguan pada jantung. Namun tenang, kematian mendadak di usia muda ini jarang terjadi. Selain itu, sekarang sudah terdapat layanan untuk memeriksakan kesehatan jantung Anda. Jadi, tak perlu terlalu khawatir mengenai hal ini.

Dilansir dari situs Mayoclinic, kematian mendadak biasanya dikarenakan adanya gangguan pada jantung, namun gangguan tersebut tidak terlihat. Seringkali kasus kematian mendadak ini dialami saat sedang melakukan latihan fisik. Namun seperti yang dikatakan tadi, bahwa hal ini jarang terjadi. Banyak siswa yang mengikuti lomba olahraga namun tidak mengalami gangguan yang berarti.

Apa penyebab terjadinya kematian mendadak ini?

Terdapat beberapa macam penyebab kematian mendadak di usia muda. Namun sebagian besar adalah karena ada yang tidak normal di jantung mereka, seperti adanya sesuatu yang membuat jantung mereka berdetak terlalu cepat.

Berikut adalah contoh-contoh keabnormalan pada jantung yang dapat menyebabkan mati mendadak:

Hipertrofi kardiomiopati (HCM)

Penyakit ini sangat sulit dideteksi. Inilah yang paling sering menjadi penyebab kematian mendadak. Penyakit ini terjadi karena pembuluh jantung tiba-tiba menebal. Hal tersebut kemudian membuat jantung tidak dapat memompa darah.

Pembuluh arteri jantung yang tidak normal

Penyakit ini biasanya adalah bawaan lahir. Posisi pembuluhnya tidak normal sehingga menimbulkan gangguan untuk mengalirkan darah.

Long QT Syndrome (LQTS)

Pada penyakit ini, ada bagian jantung yang berubah. Hal ini menyebabkan detak jantung yang terlalu cepat. Dalam kondisi demikian, orang yang terkena LQTS akan pingsan. Orang dengan penyakit ini sangat rawan untuk mati mendadak.

Apakah ada gejala yang bisa dilihat dari gangguan jantung ini?

Sejauh ini, kematian terjadi tanpa ada tanda-tanda sama sekali. Namun, ada dua hal gejala yang dapat diamati:

Sering tiba-tiba pingsan

Jika saat melakukan kegiatan fisik seperti fitness Anda sering tiba-tiba pingsan, ada kemungkinan terdapat sesuatu yang salah dengan jantung Anda. Hal terbaik yang haris dilakukan adalah memeriksakan pada dokter serta mengurangi kegiatan-kegiatan berat.

Terdapat keluarga yang memiliki riwayat sakit jantung

Jika Anda memiliki keluarga yang pernah mengalami kematian mendadak, ada baiknya jika Anda mengkonsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Gejala ini memang tidak begitu jelas seperti gejala pingsan di atas, namun ada baiknya digunakan untuk berjaga-jaga.

Itulah sebab utama dari terjadinya kematian mendadak, yaitu gangguan pada jantung. Jika terdapat gejala-gejala tersebut di atas, segera berkonsultasi dengan dokter nampaknya adalah keputusan terbaik untuk diambil.

(vem/ris/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading