Sukses

Beauty

Benarkah Akar Manis Bisa Jadi Obat Kanker

Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit yang mematikan. Salah satu jenis kanker yang biasa menyerang wanita adalah kanker kulit. Kanker kulit ini terjadi jika kulit terkena paparan sinar matahari yang terlalu besar.

Salah satu penelitian sedang mengembangkan bahan alami untuk mengobati kanker kulit ini. Akar manis menjadi bahan utamanya. Tanaman ini sedang diteliti oleh University of Minnesota karena bisa digunakan untuk melawan kanker jenis melanoma. Kanker melanoma ini memang jarang terjadi tapi bersifat sangat mematikan.

Akar manis adalah salah satu tanaman polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa wilayah Asia seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (11/10). Para peneliti berhasil menemukan senyawa bernama glycyrrhizin yang bersifat anti kanker. Jadi akar manis bisa digunakan sebagai obat kanker.

Namun peneliti ternyata juga menemukan beberapa efek samping berbahaya dalam akar manis. Jika akar manis dikonsumsi dalam jangka waktu panjang maka akan menyebabkan tekanan darah tinggi dan pembengkakan dalam otak.

Saat ini peneliti sedang mengembangkan senyawa lain dalam akar manis untuk melawan hal itu. Sebuah senyawa lain bernama Isoangustone A juga bisa digunakan untuk melawan kanker tanpa efek samping. Diharapkan penelitian ini bisa membantu penyembuhan kanker di masa depan.

 

(vem/sir)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading