6 Makanan Sehat Sumber Probiotik

Sabtu, 12 Oktober 2013 12:05


Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Seringkali mendengar istilah probiotik di label makanan atau minuman?

Diklaim sebagai salah satu bahan yang sehat, probiotik ini sebenarnya adalah mikroorganisme hidup yang memberikan efek kesehatan pada inangnya. Ada berbagai macam probiotik baik yang kerap digunakan dalam makanan atau minuman, seperti misalnya:

Bacillus coagulans
Lactobacillus bifidus
Lactobacillus caucasicus

Apa sih manfaat probiotik?

Ada berbagai macam manfaat probiotik saat dikonsumsi oleh tubuh. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Mencegah kanker usus besar
  • Mengobati infeksi tukak lambung
  • Mencegah diare
  • Meningkatkan penyerapan mineral dan vitamin
  • Mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya lainnya
  • Mengurangi infeksi saluran kemih

Dengan aneka manfaat di atas, tak ada ruginya kan apabila Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik. Nah, berikut adalah 6 makanan sehat yang kaya kandungan probiotik.

Keju

Ada beberapa jenis keju yang baik dikonsumsi dan mengandung probiotik yang dibutuhkan tubuh. Dikatakan menurut Care2.com, semakin tua usia keju, semakin banyak pula kandungan probiotiknya. Anda bisa mengonsumsi jenis keju seperti cheddar, gouda, atau parmesan untuk memetik manfaat probiotik.

Miso

Sup khas Jepang berisi tahu dan rumput laut ini kabarnya adalah makanan terbaik untuk mereka yang keracunan makanan. Dibuat dari fermentasi gandum, kedelai, nasi dan beberapa bahan bermanfaat lainnya, sup Miso mengandung manfaat probiotik.

Dark Chocolate

Alam telah memberikan anugerah termewah dan lezat dengan makanan yang satu ini. Dark chocolate tak hanya enak dan kaya antioksidan, namun sumber probiotik yang bisa diandalkan. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa jumlah probiotik pada dark chocolate empat kali lipat dibandingkan produk susu dan cokelat lainnya.

Sourdough Bread

Jenis roti yang satu ini mungkin tidak terlalu dikenal di Indonesia, namun sandwich yang kaya kandungan probiotik ini sangat sehat. Bahkan ia juga merupakan menu yang anti peradangan dan anti kanker.

Buah Zaitun

Buah yang satu ini biasa diambil minyaknya dan digunakan untuk berbagai manfaat. Sekalipun jarang ditambahkan dalam makanan sehari-hari, namun buah zaitun ini juga sumber probiotik yang baik.

Acar

Bukan sembarangan acar yang kaya kandungan probiotik. Tetapi acar yang memang diproses dengan garam laut dan air. Acar jenis ini kaya akan bakteri baik dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Anda juga bisa memilih produk susu yang memang mengandung probiotik jika tidak mau repot. Yang jelas, mengonsumsi makanan probiotik akan membantu meningkatkan kesehatan Anda.

MAKANAN SEHAT

Sebenarnya, Ini Yang Anda Makan Saat Mengonsumsi Chicken Nugget

5 Langkah Agar Anda Bisa BAB Lebih Rutin

Air Kangen Ampuh Untuk Berbagai Jenis Penyakit

Wah, Ternyata Teh Oolong Banyak Manfaatnya

Makanan Ini Tetap Bisa Dimakan Walau Kadaluarsa

Khusus Wanita, Makanan Anti Nyeri Menstruasi

(vem/bee)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

21 April - 27 April
Jika ada kritikan dari rekan kerja ada baiknya Anda tampung dan...