Sukses

Beauty

Diet Bisa Menaikkan Berat Badan Lagi, Ini Sebabnya

Tren diet yoyo tampaknya masih menghantui banyak wanita. Diet memang bisa membuat berat badan berkurang pada beberapa wanita, namun sayangnya, 1 dari 3 wanita yang beratnya sudah turun bisa mengalami kenaikan berat badan lagi sekitar 3 kg akibat diet.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan hasil yang tidak terlalu mengejutkan ini. Wanita yang kehilangan berat badan karena diet sangat mungkin mengalami kenaikan badan kembali walaupun dia sudah mengubah kebiasaan makannya, dilansir oleh Geniusbeauty.com.

Inilah beberapa alasan mengapa diet bisa menaikkan kembali berat badan Anda:

  • Diet ketat akan memperlambat metabolisme dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi penting.
  • Diet mengurangi kebebasan, jika makan adalah hadiah kepada tubuh untuk mengurangi stres, maka membatasi makanan akan menjadi 'hukuman' untuk tubuh. Akan lebih baik jika Anda melawan kegemukan dengan mengubah kebiasaan.
  • Saat Anda diet, kemungkinan besar Anda akan mengonsumsi makanan yang tidak disukai atau tidak enak. Dalam hal ini, tubuh akan meminta kenyamanan lagi dengan 'berteriak' minta makanan enak. Seringkali hal ini membuat wanita makan lebih banyak.
  • Banyak diet yang justru dapat membahayakan kesehatan. Sehingga Anda akan kembali ke pola makan lama.
  • Saat diet, kemungkinan besar Anda akan membenci produk makanan tertentu, namun pada akhirnya banyak wanita menyerah pada dietnya.

Banyak wanita mengaku bahwa diet membuat mereka semakin ingin menikmati makanan enak. Sebuah survey di Inggris menunjukkan bahwa makanan enak seperti cokelat, keripik, keju dan roti adalah makanan yang sulit untuk ditolak karena enak. Akhirnya, berat badan kembali seperti semula, bahkan lebih gemuk dibandingkan sebelum diet.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading