Sukses

Beauty

Hati-Hati Campuran Bahan Kimia Dalam Obat Tradisional

Keinginan untuk kembali ke alam dan memanfaatkan semua produk alam ternyata tidak selalu bisa mulus. Nyatanya penggunaan bahan-bahan kimia dalam obat tradisional yang dijual bebas juga masih sering ditemukan.

Seperti yang diungkap oleh anggota Komisi IX DPR Poempida Hidayatullah, yang dikutip dari AntaraNews, bahwa masih ada banyak obat tradisional yang ternyata dicampur dengan bahan kimia dalam pembuatannya. Tentunya ini akan merugikan masyarakat dan bisa saja merusak kesehatan. Bahan kimia tersebut terkadang dicampur dengan takaran yang tidak sesuai aturan dan sesukanya. Alhasil, apabila konsumen tidak kuat maka akan terjadi reaksi yang bisa saja berbahaya.

"Salah satu ciri yang perlu diwaspadai pada obat tradisional yang dicampur bahan kimia adalah, ketika diminum khasiatnya langsung terasa, jelas ini tidak logis karena setiap obat memiliki waktu untuk dapat bereaksi terhadap tubuh," ungkap Poempida di Padang, Selasa (1/10).

Dalam acara Forum Advokasi dan Komunikasi Kriteria Tata Cara Pendaftaran Bagi UMKM Obat Tradisional, ia juga mengatakan bahwa obat tradisional kini semakin gencar sosialisasi dan promosinya. Apabila hal ini diterima masyarakat dengan mentah-mentah, maka muncul masalah baru di masyarakat. Pemerintah perlu menyebarkan informasi keamanan, manfaat serta efek samping obat tradisional lebih intensif, sehingga tidak ada masyarakat yang akan dirugikan kelak.

Dan apabila masyarakat hendak menanyakannya pada instansi terkait, maka instansi tersebut juga harus siap dengan infonya.

Selain itu, masyarakat juga perlu memperhatikan bahwa obat tradisional tersebut sudah terdaftar serta memiliki izin edar. Hal ini akan membantu untuk memilih obat yang memang aman dikonsumsi.

Sangat penting juga untuk membaca petunjuk penggunaan serta efek samping sehingga orang tahu bahwa obat tersebut tidak bisa dikonsumsi sembarangan.

Poempida juga menyarankan agar masyarakat tidak menerima obat yang kemasannya sudah rusak atau dalam keadaan tidak baik. Hal ini dapat membantu mencegah kesalahan penggunaan obat tradisional.

Mungkin memang efek penggunaan bahan kimia dalam obat tradisional belum terlalu terlihat. Tetapi, dalam jangka panjang, diperkirakan kesehatan seseorang bisa terganggu karenanya.
 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading