Sukses

Parenting

Mata Janin Sudah Mulai Awas

Ladies, masihkah Anda ingat beberapa minggu lalu bayi Anda akan bersembunyi bila Anda mengarahkan senter ke perut Anda? Di minggu ketiga puluh tiga ini, penglihatan bayi Anda menjadi lebih peka dari itu.

Menurut mayoclinic.com, pupil bayi Anda sudah berkemampuan untuk menyempit dan melebar sesuai dengan banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata. Walaupun sudah mengalami pertumbuhan fungsional yang pesat, namun iris bayi Anda masih berwarna kebiruan, dan akan berubah sesuai dengan warna ras Anda setelah lahir.

Menurut parenting.com, kedua tangan dan kaki bayi Anda sudah berada pada tempat yang seharusnya, dan telah memiliki ukuran yang proporsional dengan keseluruhan bentuk tubuh. Sekarang dia memiliki berat 3.5 pounds, dengan panjang 16 inchi. Semakin sempit saja rahim Anda!

Tapi, bukan berarti bahwa dia menjadi malas-malasan. Bayi sehat Anda akan tetap banyak bergerak, walaupun berarti bahwa dia harus berusaha keras.

Nah, kulit keriput bayi Anda yang sudah sebesar nanas ini jauh lebih halus bila dibandingkan dengan kulit bayi Anda di minggu lalu. Jaringan lemak bawah kulit sudah tumbuh lebih baik. Tidak hanya itu, tulang tubuhnya telah mengeras. Namun tidak dengan tulang kepala.

Tulang kepala adalah satu-satunya tulang yang tidak mengeras, dan hal itu sangat membantu dalam proses kelahiran normal. Nah Ladies, ini berhubungan dengan bentuk kepala bayi yang baru lahir. Biasanya, kepala mereka akan cenderung memanjang (cone-headed). Agar kepalanya memiliki ukuran normal, maka Anda disarankan untuk sedikit memijatnya ketika mandi, seperti yang dipercaya oleh ibu-ibu kita.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading