Sukses

Parenting

Makin Besar, Makin Susah BAB

Bagaimana kondisi si calon buah hati, Ladies? Wow! Makin besar dan sehat ya di minggu ke-16 ini. Tapi, hati-hati Ladies, makin besar akan makin susah buang air besar loh. Kok bisa ya? Apa itu berbahaya?

Seperti yang dilansir dalam situs thebump.com, selama kehamilan terjadi peningkatan hormon progesteron. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus.

Mengendurnya otot dinding usus ini akan meningkatkan penyerapan air di usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Selain itu, pembesaran rahim yang cepat akan menekan usus dan mendorong perut ke atas, juga berkontribusi menyebabkan sembelit.

Pembesaran rahim yang cepat ini karena si kecil sudah sebesar buah alpukat. Great! panjangnya 4,6 inci dan beratnya sudah 3,5 ons. Dengan ukuran sebesar ini dia membutuhkan lebih banyak nutrisi.

Keuntungan dari mengendurnya otot dinding usus adalah memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil. Namun, di beberapa kasus, sembelit bisa berbahaya karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius antara lain wasir, pendarahan usus dan celah dubur.

Oleh karena itu, untuk meringankan resiko yang dapat timbul karena sembelit sebaiknya Anda minum banyak air, setidaknya 8 gelas perhari. Selain itu, Anda juga harus mengkonsumsi makanan berserat dalam jumlah banyak, seperti buah dan sayuran. Cara lain juga bisa dilakukan dengan olahraga ringan, seperti berjalan 20-30 menit tiap harinya.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Orista V Anggraningtyas

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading