Sukses

Parenting

Sudah Usia Tiga Minggu, Kehamilan Belum Juga Terdeteksi

Hai Ladies, apa yang terjadi pada bayi Anda pada kehamilan minggu ketiga? Sebelum Anda mengetahui perkembangan kehamilan di minggu ketiga, Anda harus ingat bahwa kehamilan belum bisa terdeteksi pada minggu pertama hingga keempat kehamilan, dan keempat minggu kehamilan itu merupakan masa-masa persiapan mematangkan ovum.

Nah, bila selama dua minggu tubuh Anda mempersiapkan sel telur untuk ovulasi, minggu ketiga adalah minggu ovulasi Anda, Ladies. Ovulasi adalah keadaan dimana sel telur Anda siap untuk dibuahi, dan dilempar dari ovarium menuju uterus.

Menurut parenting.com, minggu ketiga masa kehamilan Anda mungkin bisa dibilang minggu terakhir sebelum minggu menstruasi. Ini adalah minggu ovulasi, minggu dimana sel telur Anda siap untuk dibuahi. Apabila di minggu ini atau minggu depan sel telur bertemu dengan sperma, maka Anda harus bersiap-siap untuk mendapatkan kehamilan yang sudah Anda nantikan.

Ovulasi menyebabkan produksi estrogen merangkak naik dan akhirnya menimbulkan kenaikan hormon luteinizing hormone atau LH. LH membuat folikel dominan melepas sel telur yang sudah matang dari ovarium menuju tuba Fallopi.

Untuk hitungan hari, banyak perempuan yang percaya bahwa ovulasi terjadi pada hari ke-14 dari siklus 21 hingga 35 hari menstruasi. Namun, sebenarnya tanggal ovulasi berbeda-beda untuk setiap kondisi.

Satu hal yang merupakan tanda bahwa ovulasi sedang berlangsung adalah kenaikan suhu tubuh yang cukup drastis ketika Anda bangun tidur. Jadi, bila Anda sedang memprogram kehamilan, ukur suhu tubuh Anda setiap kali membuka mata di pagi hari, selama 21 hingga 35 hari siklus menstruasi tersebut.

Nah, ini adalah minggu ketiga, Ladies. Ovum Anda sudah siap untuk dibuahi. Anda tahu kan apa yang harus Anda lakukan agar dua minggu lagi Anda bisa melihat dua garis merah di testpack Anda?

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading