Sukses

Beauty

Tanda Terlalu Banyak Zat Besi

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengedarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh lewat darah. Sekalipun fungsinya penting, tetapi ternyata apabila jumlahnya terlalu banyak ia juga tidak baik.

Kelebihan zat besi di dalam tubuh ini sendiri sebenarnya merupakan kondisi turun temurun yang disebut dengan haemochromatosis (HHC). Penderita hemochromatosis ini tidak menunjukkan gejala apapun, namun akan diketahui apabila seringkali melakukan tes darah.

Membiarkan jumlah zat besi terlalu banyak secara terus menerus akan menyebabkan tubuh mengalami problem kesehatan berkepanjangan. Tanda-tanda berikut menunjukkan apabila Anda mengalami kelebihan zat besi:

Kecemasan

Tubuh akan merasa cemas akibat kelebihan zat besi yang ada di dalam tubuh. Ia akan mengganggu fungsi organ normal dan Anda sendiri menjadi resah tanpa sebab yang jelas. Umumnya, keresahan ini juga akan mengganggu aktivitas, konsentrasi dan juga mengganggu tidur nyenyak.

Diabetes

Zat besi yang berlebihan akan tinggal di pankreas, sehingga mempengaruhi sel-sel tubuh lain. Secara otomatis, ia akan memicu pertumbuhan produksi insulin sehingga menyebabkan orang menderita diabetes. Apabila diteruskan berlanjut seperti ini, akan menyebabkan kerusakan pankreas.

Cardiomyopathy

Bila jumlahnya berlebihan, zat besi akan diakumulasikan pada otot-otot jantung. Dan jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kondisi jantung yang tidak normal serta gagal jantung. Sebagian besar pasien yang mengalami masalah jantung umumnya memiliki tingkat zat besi tinggi.

Jaundice

Apakah itu jaundice? Dikutip dari Boldsky, jaundice ini muncul saat bilirubin di dalam darah jumlahnya meningkat, di sini kemudian liver yang akan diserang dan mengalami kegagalan fungsi.

Impoten

Pada pria, kelebihan zat besi ini dapat menyebabkan impoten karena testikel akan menyusut dan umumnya disertai dengan disfungsi ereksi.

Nyeri pada perut

Meningkatnya jumlah zat besi akan menyebabkan rasa nyeri pada perut. Umumnya perut juga akan membengkak dan membesar ukurannya.

Kulit keabuan

Amati warna kulit Anda. Apabila warna kulit mendadak keabuan atau seperti perunggu, maka inilah tanda bahwa Anda kelebihan zat besi di dalam darah.

Arthritis

Penyakit lain yang menunjukkan seseorang kelebihan zat besi adalah arthritis, yaitu rasa nyeri di seluruh persendian, bengkak dan seperti meradang.

Untuk mengetahui pasti apakah Anda kelebihan zat besi, Anda bisa melakukan tes darah di laboratorium, terutama apabila mengalami tanda-tanda di atas.

 

 

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading