Sukses

Parenting

Pilih Melahirkan Dibantu Dokter Atau Bidan ya?

Usia kandungan yang semakin tua, membuat Anda semakin mempersiapkan diri untuk melahirkan. Tidak hanya mental, namun juga tenaga medis yang membantu persalinan. Ada dua orang yang bisa membantu Anda melahirkan yaitu Dokter atau Bidan. Dua-duanya memiliki ilmu tentang membantu proses persalinan, namun ada perdebatan tentang lebih bagus mana, Dokter atau Bidan?

Selama Anda hamil, setiap bulan Anda disarankan untuk kontrol kandungan. Ada yang memilih ke Dokter dan ada yang memilih ke Bidan. Selama Dokter dan Bidan tersebut ahli dan profesional maka sama halnya dengan melahirkan ladies. Namun sebuah penelitian membuktikan bahwa melahirkan dengan bantuan Bidan lebih aman dan minim risiko. Benarkah?

Peneliti dari University of Sydney di Australia pun berusaha membuktikannya. Menurut kepala peneliti, Sally Tracy, bidan cukup profesional dalam menangani proses persalinan. Sehingga risiko 'kecelakaan' ketika wanita melahirkan juga bisa dikurangi, dikutip dari merdeka.com. Menurut penelitian itu, melahirkan dengan Bidan minim risiko tindakan-tindakan medis seperti operasi caesar lho!

Bidan haruslah wanita, dan biasanya Bidan juga sudah pernah memiliki anak. Dari pengalaman seperti inilah, Bidan bisa meminimalisir tindakan medis dan obat-obatan. Wanita yang melahirkan dengan bantuan bidan memang berisiko rendah melakukan operasi caesar, bisa berkontraksi secara alami, tidak membutuhkan banyak obat penurun rasa sakit.

Selain itu, pasca melahirkan juga lebih sedikit kehilangan darah setelah melahirkan, tidak terlalu lama tinggal di rumah sakit, dan ASI yang dikeluarkan lebih lancar. Proses persalinan dengan Bidanpun lebih 'intim' karena Bidan turun tangan langsung sejak proses awal persalinan. Bila dengan Dokter, biasanya perawatlah yang akan menangani kita terlebih dahulu kemudian Dokter akan datang bila kita sudah siap melakukan persalinan.

Walau begitu, bukan berarti melahirkan di Dokter itu tidak aman dan berbahaya lho! Anda tetap bisa bersalin di Dokter dengan aman dan senyaman dengan Bidan. Keputusan terbaik tetap ada di tangan Anda dan suami ladies. Ingat, Dokter juga memiliki ilmu yang tinggi bukan? Selamat menunggu kelahiran buah hati ya!

BACA JUGA

Placenta Previa - Penanganan

Serba-serbi Upacara Tingkepan

Operasi Caesar Akibat Diabetes

Apa itu Inducing Labour?

Survival Rate Bayi Prematur

Induksi Kelahiran Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading