Sukses

Beauty

Pengobatan Kanker Kulit dengan Operasi Lymph Node Removal

Ladies, tahukah Anda kalau ternyata kanker kulit ini tidak hanya menyerang bagian kulit saja, namun ada juga kaker kulit yang terlanjur parah sehingga menyerang hingga bagian kelenjar getah bening. Tetapi operasi ini jarang sekali dilakukan pada pasien yang menderita kanker kulit. Pasien kanker kulit pada kelenjar getah bening ini akan dialihkan pada operasi lain pada operasi bedah plastik dalam rangka untuk mengangkat sel skuamosa.

Laman cancerresearchuk.org menyebutkan, operasi pengangkatan kanker kulit dengan cara Lymph Node Removal ini dikhususkan untuk kanker kulit yang barada disekitar ketiak, pangkal paha, dan leher di mana kelenjar getah bening berada. Pada proses operasi Lymph Node Removal kelenjar getah banin g pada bagian leher, ketiak, dan pangkal paha ini akan dihilangkan untuk mencegah perembetan kanker.

Anda tentunya sudah tahu kalau menjalani operasi pasti akan menimbulkan beberapa efek samping. Demikian juga untuk Lymph Node Removal, beberapa efek samping bagi pasien yang mencoba operasi ini di antaranya adalah:

Pasien yang menjalani operasi pada bagian leher dan ketiak, mereka akan merasa tidak nyaman dan sakit karena operasi ini membutuhkan pemulihan selama beberapa minggu. Kemudian, pasien yang melakukan operasi ini umumnya akan merasa kaku pada bagian bahu, sehingga mereka tidak bisa menggerakkan lengan tubuhnya.

Untuk operasi yang dilakukan pada bagian pangkal paha, umunya pasien akan mengalami pembengkakan kaki atau biasa disebut limfedema. Efek samping dari operasi ini sebenarnya bisa sedikit diredam, jika pasien mulai merasakan sakit selama masa pemulihan, memijat bagian yang sakit bisa menjadi salah satu cara untuk meredakan rasa sakit setelah menjalani operasi.

Oleh: Dimas Galih Wijaya

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading