Sukses

Beauty

Terlalu Banyak Minum Air, Anda Bisa Keracunan

Ladies, air putih memang menjadi bagian yang sangat vital dalam diet Anda. Minum air putih sebanyak 1,2 liter sehari dipercaya dapat membantu diet dan menjaga kesehatan tubuh. Namun, konsumsi air putih secara berlebih ternyata bisa membuat Anda keracunan. Hah? Kok bisa?

Menurut humantouchofchemistry.com, kerja ginjal dapat terganggu jika Anda meminum air putih dalam jumlah berlebih. Ini akan mengganggu kadar garam di dalam darah. Terlalu banyak air di dalam sel tubuh dapat membuat sodium dalam sel berkurang sehingga sel menggembung karena konsentrasinya yang tidak stabil. Jika ini dibiarkan maka sel tersebut akan sobek dan rusak.

Siapa pun bisa mengalami keracunan air. Namun beberapa yang paling rentan adalah bayi dan atlet. Apabila susu bayi terlalu encer dan ini terjadi secara terus menerus, bayi bisa mengalami keracunan karena formula yang dibutuhkannya lebih sedikit dan airnya lebih banyak. Sedangkan, sistem peredaran tubuhnya belum sempurna.

Untuk atlet, kesalahan terletak pada kecepatan minumnya. Biasanya atlet beranggapan bahwa semakin banyak air yang diminum maka semakin cepat mineral tubuh terganti. Padahal, tidak semata-mata air yang hilang dari tubuh saat berolahraga. Elektrolit lah yang sesungguhnya hilang dari tubuh dan itu tidak dapat serta-merta tergantikan dengan banyak minum air. Jika ini diabaikan, maka kerusakan sel pelan-pelan akan terus terjadi.

Mazhi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading