Sukses

Parenting

Bagaimana Membantu Bayi Belajar Berbicara?

Melansir dari laman babycentre.co.uk, belajar berbicara ternyata memerlukan waktu yang agak lama. Bayi Anda tidak akan mampu melontarkan 2 atau 3 kalimat, paling tidak sebelum mereka berusia 2 tahun, beberapa bayi malah memerlukan waktu lebih dari 2 tahun untuk dapat berbicara. Namun, Anda dapat membantu proses belajar mereka semenjak mereka berusia 1 hari.

Caranya, Anda dapat berbicara pada bayi Anda dengan kalimat yang sederhana yang diucapkan secara jelas dan sering. Bayi Anda mungkin tidak paham sama sekali tentang apa yang Anda ucapkan tetapi mereka begitu menikmati dan terlena dalam percapakan yang Anda bangun dengan melakukan ‘melihat, bergerak, dan bergumam’ sebagai cara mereka berkomunikasi dengan Anda.

Selain itu, biarkan bayi Anda yang ‘memimpin’ percakapan. Jika apapun yang Anda lakukan dan katakan dapat membuat mereka bahagia, hal tersebut berarti Anda melakukan dan mengatakan hal dengan benar.

Selama Anda membicarakan tentang suatu objek, lihat dan tunjukkan benda tersebut ke hadapan bayi Anda. Semenjak berusia 6 bulan, bayi Anda akan mengikuti pergerakan mata Anda dan akan ‘menemukan’ objek atau benda yang sedang Anda gambarkan atau ceritakan kepada mereka.

Setelah memasuki usia 7 bulan, bayi Anda mulai menggunakan dan memahami gerak tangan dan tubuh serta tanda seperti ‘lihat’, ‘tidak’, ‘gendong’, dsb. Segera setelah mereka mulai memahami tanda dan mengubah tanda tersebut menjadi kata serta kalimat, dia akan paham ketika Anda menunjuk dan berkata ‘meong’, berarti Anda mengatakan, ‘Lihat, ada kucing.’ Sebagai tambahan, terjemahkan ke dalam kata setiap ekspresi wajah yang bayi Anda tunjukkan.

Ratih Kristianasari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading