Sukses

Parenting

Umur Berapa Bayi Boleh Makan Yoghurt?

Bunda sudah tahu kan kalau yoghurt punya banyak manfaat. Yoghurt itu kaya akan kalsium, jadi bisa membantu pertumbuhan tulang dan gigi terutama untuk anak. Tapi, sejak umur berapa yoghurt boleh diberikan?

Seperti yang diulas babycenter.com, Frank Greer, seorang dokter anak dan mantan ketua American Academy of Pediatrics di bagian Nutrisi, menyatakan bahwa kebanyakan bayi sudah bisa dikenalkan dengan yoghurt saat ia berumur 6 bulan.

Tapi, kalau bayi Anda telah didiagnosa memiliki alergi pada susu atau susu intoleran atau menunjukkan tanda-tanda adanya alergi, sebaiknya ditunda dulu memberinya yoghurt sampai Bunda memeriksakannya pada dokter.

Kalau sudah dipastikan bahwa bayi Anda bisa mengkonsumsi yoghurt, dan Bunda ingin memberinya yoghurt dengan rasa buah-buahan, sebaiknya pilih rasa buah yang ia telah makan sebelumnya, dan ia suka.

Tapi, Bunda juga harus memperhatikan ya kalau setelah makan yoghurt ia mulai rewel, muncul kemerahan di sekitar mulutnya bahkan sampai diare. Hal tersebut bisa jadi tanda bahwa ia termasuk alergi terhadap produk susu.

Selain itu, lihat juga tanda-tanda adanya alergi makanan seperti bengkak pada lidah, mulut, dan muka, muncul bintik merah pada kulitnya, kram perut, muntah dan diare. Ada tanda-tanda yang muncul secara ringan atau malah parah. Jadi tidak semua bayi mengalami tanda-tanda yang sama.

Kalau adik bayi bisa makan yoghurt, jangan pilih yang rendah lemak dan mengandung pemanis buatan ya Bunda. Karena bayi membutuhkan kalori lemak dari produk olahan susu sampai umurnya 2 tahun.

Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading