Sukses

Parenting

Ini Air Ketubanku Pecah, ya?

Ladies, kalau Anda panik karena merasa air ketuban Anda tiba-tiba pecah, maka Anda bukanlah satu-satunya. Ternyata, ada banyak ibu hamil yang seketika menjadi panik gara-gara air ketuban mereka pecah.

Faktanya, air ketuban yang pecah bukan berarti bayi Anda akan meluncur setelahnya. Seperti dilansir doulamomma.wordspress.com, peristiwa semacam itu hanya ada di Hollywood ya Moms!

Situs di atas memuat banyak sekali cerita lucu mengenai pecahnya air ketuban. Dan, sebagain besar ibu-ibu mengaku panik (dan sekarang mereka merasa konyol bila mengingat pengalaman itu).

Ternyata, air ketuban yang pecah sebelum melahirkan itu disebut dengan Premature Rupture of membranes atau (PROM). PROM ini terjadi setelah kehamilan Anda menginjak minggu ke-37 dan ke atas. Sebanyak 90% ibu yang mengalami PROM melahirkan 4 jam kemudian.

Dengan kata lain, PROM adalah hal yang wajar, dan Anda masih bisa menghabiskan makan siang Anda bila air ketuban pecah ketika Anda arisan. Anda masih punya wkatu 48 jam, kecuali bila bayi Anda diprediksi mengalami infeksi yang terlihat ada tubuh Anda.

Bila Anda menghubungi dokter Anda, pasti mereka akan menyarankan Anda untuk melakukan persiapan kelahiran, seperti berkemas-kemas menuju rumah sakit. Nah, disana Anda akan menjalani pemeriksaan vaginal.

Ironisnya, dengan vaginal exam, bakteri yang berada di luar vagina akan terdorong masuk, bahkan bila petugas medis menggunakan sarung tangan steril. Namun, itu adalah salah satu cara untuk melihat jumlah pembukaan Anda, dan memastikan kondisi Anda.

Nah Ladies, setidaknya itulah gambaran mengenai apa yang akan Anda alami ketika Anda merasa air ketuban Anda pecah. So, what's the panic for, anyway?

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading