Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Saat menstruasi tiba, rasanya tubuh tidak fit, emosi naik turun, perut nyeri, kram dan sebagainya. Semua hal tidak menyenangkan ini sering dialami wanita menjelang dan pada saat menstruasi. Tapi tenang saja, Anda bisa mengatasinya.

Nyeri saat menstruasi adalah hal yang normal, selama Anda masih bisa mengerjakan aktivitas harian. Walau begitu, rasa nyeri ini kadang mengganggu dan membuat konsentrasi menurun. Agar aktivitas Anda tidak terganggu selama menstruasi, lakukan saja..

Konsumsi Lebih Banyak Zat Besi

Saat menstruasi, wanita lebih sering terkena anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal inilah yang sering membuat kita lemas, pandangan kabur, bahkan pingsan. Karena itu, konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, antara lain daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam.

Perkecil Konsumsi Makanan Yang Mengandung Garam

Sering merasa badan 'bengkak' bahkan berat badan naik ketika menstruasi? Hal ini terjadi karena hormon meminta tubuh untuk mengikat air lebih banyak selama masa menstruasi. Anda bisa mengurangi efek 'bengkak' ini dengan mengurangi konsumsi garam. Garam dapat mengikat lebih banyak cairan tubuh, sehingga tubuh makin terasa 'bengkak'. Makanan yang banyak mengandung garam (misalnya camilan asin seperti keripik atau mie instan).

Senam Menstruasi

Saat menstruasi, bukan berarti Anda hanya bisa bermalas-malasan. Kurangnya aktivitas fisik justru memperparah nyeri di perut saat menstruasi. Lakukan senam ringan yang dapat mengurangi nyeri di sekitar perut dan pinggang. Contohnya adalah senam menstruasi dari Dunia Fitnes di bawah ini:

(c) youtube.com/Dunia Fitnes

Gunakan pakaian yang nyaman, Anda hanya butuh area kecil untuk melakukan senam ini, waktunya juga tidak lama, sekitar 3 menit saja. Anda pasti bisa melakukan senam di atas, karena gerakannya sangat mudah.

Jangan Sampai Dehidrasi

Selama masa menstruasi, Anda mengeluarkan lebih banyak cairan. Karena itu, pastikan Anda mengonsumsi cairan. Perbanyak minum air putih atau buah yang mengandung banyak air. Hindari minuman bersoda atau kopi yang dapat membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman.

Tidur Teratur, Hindari Begadang!

Saat menstruasi, tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup. Tidur dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri saat menstruasi. Hindari begadang dan tidurlah setidaknya 7 jam ketika Anda sedang menstruasi.

Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda. Punya tips lain? Silakan bagi di kolom komentar. [initial]

BACA JUGA:

6 Mainan Anak Paling Aneh dan Seram di Dunia

Diet OCD: Seminggu Turun 4 kg, Tetap Bisa Makan Enak

9 Lagu Kutukan dan Kisah Misterius Para Musisi Terkenal

7 Kisah Nyata Kekuatan Cinta Yang Mengharukan

Bocah 5 Tahun Jadi Pilot Termuda di Dunia Setelah 'Disiksa' Ayahnya

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading