Tren Hidup Sehat Praktis Dengan Infused Water

Rabu, 11 September 2013 14:15



Infused water. Dokumentasi berbagai sumber

Vemale.com - Jika Anda pengguna Instagram, istilah infused water ini tidak akan asing di telinga. Banyak Instagrammer yang men-share infused water mereka hari ini. Dari penampilannya, infused water ini sangat menggiurkan. Dengan isian berbagai macam buah yang dikreasikan dalam satu botol atau gelas, nampaknya hidup sehat adalah tren yang akan semakin berkembang.

Adalah infused water atau spa water, air putih yang dicampurkan dengan berbagai macam kombinasi buah. Ini bukan es buah seperti yang Anda bayangkan, ini adalah satu minuman menyegarkan yang bisa jadi alternatif pelengkap air putih di hari-hari Anda. Yang unik adalah infused water tidak memiliki resep paten, Anda bisa memasukkan buah apapun kesukaan Anda. Namun, memang ada beberapa resep yang sudah pasti oke untuk dicoba.

Apa sih manfaat Infused water?

Karena mencampurkan air putih dengan buah-buah, ini dipercaya sari-sari dari buah akan keluar dan memberikan efek segar karena infused water harus melalui proses 'pendiaman' selama beberapa jam. Untuk infused water dengan bahan buah lemon bisa berguna untuk detoksifikasi.

Bagaimana cara dasar infused water?

Membuat infused water ini terbilang cukup mudah. Anda cukup memilih buah atau herb yang akan dimix, kemudian memotongnya. Perbandingannya adalah 5 hingga 10 buah untuk 100 ml air. Jika rasa dasar dari buah adalah masam, Anda bisa menambahkan dengan sedikit gula. Gula untuk diet bagus untuk Anda yang sedang diet. Kemudian, setelah semua sudah dimasukkan ke dalam tumblr atau botol, Anda harus menutup wadah tersebut dan memasukkannya ke dalam lemari es selama kurang lebih 2 jam. Yang harus diingat adalah, setelah dipakai, buah sebaiknya langsung dibuang apalagi jika kondisi buah tidak lagi segar.


Infused water in glass jar (c) nothingbutapigeonInfused water in glass jar (c) nothingbutapigeon

Buah apa saja yang bisa dipakai?

Banyak jenis buah bisa saja dipakai walaupun tidak semua bisa diracik menjadi infused water. Beberapa jenis buah yang sering dipakai adalah stroberi, kiwi, lemon, jeruk, mangga, nanas, apel dan belimbing. Namun, yang pasti adalah buah yang dipakai untuk infused water bukanlah buah manis melainkan buah dengan kategori acid.

Apakah infused water tahan lama ?

Ini tergantung dengan jenis buah apa yang dipakai. Biasanya, infused water akan dimasukkan ke dalam kulkas selama minimal 5 atau 6 jam dan beberapa buah bisa diisi ulang hingga pemakaian 24 jam. Infused water bisa tahan dari 3 hingga 5 hari dan semua kembali tergantung pada buah yang dipakai.

Beberapa campuran buah akan menghasilkan minuman yang tidak hanya menyegarkan tapi juga sehat. Cara membuatnya mudah, cocok diminum setiap hari untuk mengganti air putih biasa. Berminat untuk mencobanya?

(vem/dyn)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

14 Juli - 20 Juli
Anda akan membawa beban dan tanggung jawab yang lebih berat daripada...