Apakah Yang Dimaksud Dengan Safe Sex?

Kamis, 05 September 2013 22:31



(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies tentunya telah tahu dengan pentingnya melakukan hubungan seks yang aman dengan pasangan. Namun, yang seperti bagaimanakah “safe sex” itu? Situs wikipedia.com menjelaskan bahwa pada dasarnya, hubungan seks yang aman, atau safe sex, adalah aktivitas seksual yang dapat menghindarkan atau melindungi orang-orang yang melakukan kegiatan seks tersebut dari penyakit yang berbahaya, terutama yang biasanya ditularkan melalui hubungan badan.

Hal ini sangat penting karena banyak sekali penyakit yang ditularkan melalui hubungan badan yang sering tak terdeteksi gejalanya, padahal bisa menular pada banyak orang. Isu safe sex mulai marak di tahun 1980-an saat wabah AIDS mulai menyebar di berbagai belahan dunia.

Salah satu penyakit paling berbahaya di dunia ini sangat mudah ditularkan melalui transfusi darah atau hubungan badan. Karena itu, salah satu pencegahan maksimal yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit ini adalah dengan mempraktekkan safe sex bagi anda dan pasangan.

Safe sex dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun yang paling umum adalah dengan menggunakan kondom saat berhubungan badan jika anda sering bergonta-ganti pasangan. Sebaiknya, anda juga mengetahui sejarah hubungan seksual pasangan anda atau penyakit apa yang ia miliki untuk pencegahan maksimal.

Kondom tersedia baik bagi wanita maupun pria dan cukup efektif untuk melindungi anda dari penyakit menular. Cara lain yang sering dianjurkan dalam konvensi masyarakat adalah dengan tidak bergonta-ganti pasangan saat berhubungan badan, sehingga meminimalisir resiko menyebarnya penyakit kelamin pada tubuh anda, maupun pasangan. Anda pun dapat melakukan imunisasi untuk beberapa penyakit tertentu yang biasa ditularkan lewat hubungan seks.

Oleh: Isdiana Zulidha

(vem/rsk)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Leo

25 Agustus - 31 Agustus
Akan ada beberapa pihak yang memaksakan kehendak mereka terhadap Anda Jika...