Keputihan Pada Kehamilan

Kamis, 05 September 2013 21:18



(c) shutterstock

Vemale.com - Hai Ladies, sudah pasti familiar kan dengan yang namanya keputihan? Hampir setiap wanita usia puber pasti sudah mengetahui dan mengalami yang namanya keputihan. Keputihan adalah cairan kental tidak berwarna yang seringkali keluar dari bagian kemaluan wanita menjelang siklus menstruasi.

Namun, tahukan Ladies bahwa seorang wanita hamil yang tentu saja siklus menstruasinya terhenti akibat kehamilan juga tetap mengalami keputihan? Lalu apa bedanya keputihan normal pada wanita yang tidak sedang hamil dengan keputihan yang terjadi pada kehamilan?

Babycenter.com menulis bahwa keputihan yang dialami wanita hamil adalah normal. Keputihan tersebut terjadi karena bagian serviks pada organ intim wanita membentuk semacam lapisan perlindungan yang melindungi janin dalam kandungan. Nah, lapisan tersebut terbentuk dari cairan sekresi yang dikeluarkan oleh bagian serviks.

Keputihan pada masa kehamilan dianggap normal jika cairan yang keluar dari bagian vagina berwarna jernih serta tidak menimbulkan bau tidak sedap. Namun, Ladies perlu waspada jika selama kehamilan Anda terus-terusan merasakan cairan keluar dari vagina yang kemudian meninggalkan noda kuning kecoklatan serta menimbulkan bau, karena bisa saja keputihan tersebut adalah gejala penyakit kelamin kronis.

Untuk menjaga kebersihan vagina, Ladies dapat mengelapnya dengan tissue basah atau berulang kali membilas. Tapi, jangan sekali-kali menggunakan pembalut wanita saat hamil ya Ladies. Hal itu sangat tidak disarankan karena dikhawatirkan dalam pembalut wanita terkandung zat yang berpengaruh pada kehamilan.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

22 September - 28 September
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...