/kesehatan/33720-pil-kb-dan-menstruasi.html

Pil KB dan Menstruasi

Selasa, 03 September 2013 20:57



(c) shutterstock

Vemale.com - Pil Kb disebut pula birth control pill karena memang fungsi awalnya adalah mengatur kelahiran. Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang bentuknya pil dan diminum. Pil KB lebih banyak digunakan oleh wanita karena terlihat lebih aman dan nyaman.

Namun tentunya beberapa wanita ingin mengetahui lebih dalam mengenai apakah efek yang bisa dilakukan oleh pil KB ini. Pil KB memang bisa berfungsi untuk mencegah menstruasi. Menurut keterangan di mayoclinic.com, pil KB biasanya disediakan satu paket 21 pil hormon aktif plus 7 pil placebo. Pil tersebut di minum setiap harinya. Pada saat wanita mengonsumsi pil placebo, maka dia akan mengalami pendarahan layaknya menstruasi.

Dengan kata lain Ladies bisa mengatur jadwal menstruas Ladies dengan pil KB ini. Saat ini telah disediakan paket 3 bulan pil hormon aktif plus satu minggu pil placebo. Paket ini bahkan bisa digunakan berkeanjutan hingga satu tahun.

Bagi Ladies yang sibuk, suka traveling, atau menuntut aktivitas tinggi, tentu pil ini akan berguna. Ladies tidak akan mengalami menstruasi, serta gejala menstruasi seperti pusing, mual, dan perut mulas. Pil KB juga bisa mencegah menstruasi dengan cara Anda tidak perlu meminum pil placebonya.

Untuk penggunaan awal, beberapa wanita masih mengalami mens namun siklusnya tidak teratur. Setelah pemakaian berlanjut, wanita tersebut tidak mengalami menstruasi. Pil KB ini memang memperlambat kerja hormon sehingga tidak ada ovulasi yang terjadi.

Namun, keadaan wanita tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada wanita yang masih menstruasi dan bisa hamil bahkan dalam penggunaan pil KB ini.

Asizah

(vem/ova)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

20 Oktober - 26 Oktober
Masalah karir tidak ada masalah yang cukup pelik Anda harus lebih...