Sukses

Beauty

Penyebab HIV/AIDS Pada Wanita

Ladies, ketika mendengar nama penyakit HIV/AIDS, apa yang pertama terlintas di pikiran Anda? Jika Anda mengartikan ini adalah penyakit berbahaya berarti Anda sangat tepat sekali. Penyakit ini adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia dan sampai sekarang pengobatanya sangat sulit dilakukan.

HIV/AIDS pada intinya adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Namun Ladies, skala virus ini menyerang kekebalan tubuh sangatlah drastis karena hampir semua sistem kekebalan tubuh manusia bisa hilang jika terkena virus ini. Akibatnya, akan banyak sekali penyakit yang bisa menyerang orang yang terjangkit virus ini. Bahkan lebih dari satu penyakit bisa menyerang dalam waktu yang bersamaan.

Hi.. serem juga ya ternyata.

Seperti yang dilansir mayoclinic.com, para ilmuwan percaya virus serupa dengan HIV pertama kali terjadi di beberapa populasi simpanse dan monyet di Afrika, di mana mereka diburu untuk makanan. Kontak dengan darah monyet yang terinfeksi selama menyembelih atau memasak mungkin telah memungkinkan virus ini untuk menyeberang ke manusia dan menjadi HIV.

Biasanya hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit ini adalah:

1. Seks Bebas
Anda dapat terinfeksi jika Anda memiliki hubungan seks vaginal, anal atau oral dengan pasangan yang terinfeksi dan darah, air mani atau cairan vagina memasuki tubuh Anda. Virus ini dapat memasuki tubuh melalui luka mulut atau air mata kecil yang kadang-kadang berkembang dalam rektum atau vagina selama aktivitas seksual.

2. Transfusi darah
Dalam beberapa kasus, virus dapat ditularkan melalui transfusi darah. Rumah sakit Amerika dan bank darah sekarang menyaring suplai darah untuk antibodi HIV, sehingga risiko ini sangat kecil.

3. Berbagi jarum
HIV dapat ditularkan melalui jarum suntik terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi. Berbagi kepemilikan obat intravena menempatkan Anda pada risiko tinggi HIV dan penyakit menular lainnya seperti hepatitis.

Oleh: Lucky Kresna Putra

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading