Sukses

Beauty

Bahaya, Makanan Berkadar Alumunium Tinggi Beredar di China

Kadar bahan metal di dalam makanan sebenarnya adalah hal yang wajar. Namun, bila kadarnya terlalu tinggi tetap saja memberikan efek negatif bagi kesehatan.

Seperti apa yang terjadi di China, dilaporkan bahwa lebih dari 30% makanan di China ternyata mengandung kadar alumunium yang jumlahnya berlebihan, demikian dilansir oleh Antaranews.

Kabarnya, asupan alumunium berlebihan dalam tubuh akan menyebabkan masalah gangguan syaraf serta gangguan pernafasan, selain itu juga akan mempengaruhi perkembangan tulang. Penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi dan ahli keamanan makanan, Chen Junshi menyatakan bahwa ternyata ada 50% kandungan alumunium berlebihan yang terdapat pada tepung.

Tepung sendiri merupakan bahan pokok penganan yang sering dikonsumsi oleh orang China. Selain itu, kandungan alumunium berlebihan juga terdapat pada serbuk pengembang atau disebut juga baking powder yang seringkali dicampurkan pada tepung terigu,

Baking powder membantu produk berbahan tepung nampak bagus dan rasanya enak, tapi rupanya baking powder banyak disalahgunakan oleh pabrik makanan di China.

Baking powder tanpa aluminium lebih mahal ketimbang yang beraluminium sehingga banyak pabrik memilih yang lebih murah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan asupan alumunium tidak lebih dari dua miligram/kilogram berat tubuh, sementara 32,5 persen orang di China mencerna bahan ini lebih dari itu.

Sebanyak 44 persen alumunium berlebih terdapat tepung, 24 persen terdapat di roti kukus, dan 10 persen ada di sarapan tradisional China; ca kue. Orang yang tinggal di China bagian utara yang lebih suka makanan berbahan dasar tepung seperti mie,  menyerap aluminium empat kali lebih banyak dari pada yang dikonsumsi masyarakat  di China bagian selatan. Mereka rata-rata mengonsumsi alumunium 2,9 miligram per kilogram berat tubuh mereka, hampir 1,5 kalinya asupan yang disarankan WHO.

Terkait penelitian itu, Guangzhou Daily mewartakan sebanyak  43% anak-anak usia empat dan enam tahun makan 2,6 kali lebih banyak dari jumlah maksimal alumunium yang disarankan.

Apabila hal ini dibiarkan terjadi, maka banyak penyakit akan semakin meledak jumlahnya dan semua hanya disebabkan oleh makanan.

(vem/ant/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading