Sukses

Parenting

Penyebab Iritasi Saat Bayi Menggunakan Popok

Ladies, pada saat mengasuh sang buah hati pastinya Anda akan sering menemui masalah, seperti iritasi saat menggunakan popok. Iritasi akan sangat menyiksa untuk sang bayi karena akan melukai kulit bayi. Rasa perih yang amat sangat akan membuat bayi sering menangis dan tidak bisa tidur.

Iritasi pada bagian popok dipasangkan kadang-kadang dapat menyebabkan infeksi bakteri atau jamur. Jeenis popok yang sekali pakai atau dapat dipakai kembali akan menciptakan kondisi lembab dan panas pada kulit bayi yang menyebabkan iritasi dan bahkan akan menyebabkan infeksi.

Seperti yang dilansir oleh chealth.canoe.ca, bahwa penyebab terjadinya iritasi ada beberapa faktor, seperti:

• Kulit berkontak langusng dengan urin dan kotoran( tinja). Enzim pencernaan yang terdapat pada kotoran bayi dan urin dapat menyebabkan kulit bayi menjadi meradang.

• metode pemberian makan. Susu formula akan membuat bayi lebih banyak mengeluarkan urin dan kotoran dibanding bayi yang diberi ASI.

• Gesekan antara popok dan kulit akan membuat iritasi menjadi lebih parah. Jadi pilihlah popok yang sesuai dengan ukuran sang bayi

• Kontak langsung dengan bahan kimia yang bersifat keras akan memperparah iritasi. Beberapa bahan kimia umum yang ditemukan dalam pelembut kain, deterjen, lotion bayi, wewangian, sabun, dan tisu bayi bisa sangat berpengaruh pada kulit.

• Menggunakan antibiotik dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik pada bayi yang biasanya menjaga organisme tertentu seperti jamur. Antibiotik yang diambil oleh seorang ibu menyusui juga dapat mempengaruhi iritasi pada bayi.

Lucky Kresna Putra

(vem/tey)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading