Apa Itu Albinisme?

Minggu, 01 September 2013 20:18



(c) shutterstock

Vemale.com - Albinisme adalah kelainan pada anak yang menyebabkan tubuh tidak memiliki cukup melanin untuk menentukan warna kulit sehingga warna kulit menjadi putih terang dan pucat. Albinisme dapat terjadi pada seluruh tubuh atau hanya bagian tertentu seperti. Orang yang mengalamai albinisme hanya pada bagian tertentu seperti mata disebut albinoid sedangkan yang mengalami pada seluruh tubuh disebut albino.

Albinisme disebabkan oleh mutasi gen bawaan dari ayah ataupun ibu. Albinisme umumnya akan langsung terlihat saat bayi. Menurut nhs.uk, meskipun albinisme tidak berbahaya secara langsung tapi orang dengan albinism biasanya mengalami gangguan penglihatan dan berpeluang lebih besar untuk terkena kanker kulit.

Gangguan penglihatan yang biasa terjadi adalah fotophobia atau sensitif terhadap cahaya dan juga astigmatisma. Penderita albinisme sering memakai kacamata untuk membantu penglihatannya. Albinism tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dirawat agar penyakit lain tidak timbul. Penderita albinism tidak boleh terlalu lama berada di bawah sinar matahari karena sinar ultraviolet dapat merusak kulit yang memiliki sedikit melanin. Perhatian khusus juga harus diberikan karena kadang anak dengan albinisme merasa minder saat berada di luar.

Apakah Anda pernah melihat orang dengan albinisme secara langsung? Mungkin jarang, atau malah tidak pernah. Ini wajar karena albinisme terjadi pada 1 dari 17.000 kelahiran. Sedangkan Indonesia dengan penduduk sekitar 240 juta jiwa, ada sekitar 14.000 penderita albinisme.


Muhammad Faris

(vem/ova)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

22 September - 28 September
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...