Imunisasi Hepatitis B Pada Bayi

Minggu, 01 September 2013 20:17


(c) shutterstock

Vemale.com - Vaksin hepatitis B dapat melindungi anak anda melawan virus hepatitis B yang dapat membawa kerusakan pada hati dan bahkan kematian, seperti dlansir babycenter.com. Hepatitis B sebenarnya merupakan penyakit orang dewasa karena penularannya diketahui melalui seks yang tidak aman dan penggunaan jarum suntik secara bergantian.

Tapi, banyak yang terinveksi hepatitis B, termasuk anak-anak, tidak melakukan kebiasaan yang meningkatkan resiko, seks bebas dan penggunaan jarum suntik bergantian. Mereka bahkan telah terinfeksi ketika lahir, atau mereka terinfeksi penyakit ini karena melakukan kontak denganorang lain yang terinfeksi sejak mereka masih kanak-kanak.

20% sampai 30% dari orang yang terinfeksi hepatitis B, terpapar sejak masih kecil. Banyak dari orang yang terinfeksi penyakit ini tidak merasakan sakit dan bahkan mereka tidak tau kalau mereka punya penyakit hepatitis B dalam tubuhnya.

Anak yang terinfeksi virus ini akan mengalami masalah kesehatan yang lama seperti sirosis dan kanker hati. Setiap tahunnya ada 3.000 orang di Amerika yang meninggal karena hepatitis B.

Vaksin hepatitis B telah ditemukan pada tahun 1981. Vaksin ini ada 3 dosis yang pemberiaan melalui suntikan. Vaksin ini sebaiknya diberikan ketika lahir, antara 1 dan 2 bulan, dan usia 6 sampai 18 bulan. Jika ibu hamil telah terinfeksi hepatitis B, maka bayinya yang sedang lahir akan diberi suntikan hepatitis B immune globulin (HBIG) serta vaksin hepatitis B, untuk memberikan perlindungan jangka pendek sekitar 12 jam setelah kelahiran.

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

21 April - 27 April
Jika ada kritikan dari rekan kerja ada baiknya Anda tampung dan...