Sukses

Parenting

Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Kerusakan pada gigi seringkali menimpa anak. Jagalah buah hati anda dan selamatkan dia dari bahaya gigi sekarang dan di masa depan. Cukup ikuti tips merawat gigi yang dirangkum parents.com berikut:

1. Biasakan menggosok gigi
Sikat gigi secara teratur untuk membersihkan mulut dari bakteri, dan jangan berbagi peralatan seperti sendok dan cangkir.

2. Bersihkan mulut bayi anda setiap hari
Gunakan kain lap yang bersih, kain kasa, atau sikat jari, idealnya setiap habis makan tapi setidaknya setiap pagi dan malam. Selain dapat membuang ASI atau susu formula yang ada di mulut, tetapi juga mengajarkan kebiasaan membersihkan gigi.

3. Mulailah menggosok gigi anak sejak gigi pertama tumbuh
Setelah gigi tumbuh, harus segera disikat. Menyikat dapat menghilangkan bakteri sehingga tidak dapat menempel pada gigi. Gunakan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride sampai anak bisa meludah, sekitar 3 tahun.

4. Batasi minuman yang manis
Bayi dan anak preschool seringkali membawa secangkir jus atau minuman yang mengandung gula lainnya. Sebaiknya, botol minum bayi diisi air putih, bukan yang lain.

5. Periksa ke dokter gigi pada umur satu tahun
Kerusakan gigi biasanya dimulai dari belakang gigi depan yang tidak dapat dilihat orang tua. Pada umur 3 tahun, hal ini bisa menjadi penyakit yang merusak. Sebaiknya temui dokter ketika gigi masih bersih, belum terjadi kerusakan.

6. Jangan menyerah
Tetap awasi anak dalam menyikat gigi sampai dia benar-benar mahir melakukannya, sekitar umur 7 atau 8. Apa pun yang anda lakukan, jangan menyerah menangani kesehatan gigi anak anda.

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading