Sukses

Parenting

Kesehatan Mata Anak

Penyakit mata bukan hanya dapat dialami oleh orang tua, dapat menebabkan kehilangan penglihatan pada bayi, anak-anak, remaja, sama seperti pada orang dewasa. Delapan tahun pertama merupakan asa yang sangat penting untuk perkembangan mata. Jika terjadi masalah dengan mata dan tidak segera diobati, kerusakan dan kehilangan penglihatan dapat permanen.

Berikut tips untuk kesehatan mata anak, seperti dilansir oleh eyefoundation.org.au:

1. Peduli mata
Deteksi dini dan pengobatan merupakan pertahanan terbaik terhadap penyakit mata. Gejala yang harus diperhatikan termasuk menggosok mata, koordinasi yang lemah antara tangan dan mata, kurang konsentrasi dan mengeluh sakit kepala, penglihatan kabur atau anda.

2. Hijau itu bagus
Berikan anak anda nutrisi yang seimbang, yang kaya akan buah dan sayur. Sayuran daun yang berwarna hijau seperti bayam dan sayuran berwarna kuning seperti labu dan wortel akan membantu menjaga mata anak agar tetap sehat.

3. Bantuan topi
Pastikan anak anda memakai topi yang lebar ketika bermain di luar karena ini akan mengurangi jumlah UV yang masuk mata hingga setengahnya.

4. Kaca mata anti UV
Bila di bawah sinar matahari, pastikan anak anda memakai kaca mata hitam anti UV yang akan melindungi mata mereka sinar UV yang merusak.

5. Pelindung bola
Pastikan prosedur keselamatan telah ada pada anak anda ketika anak bermain yang meliputo bola kecepatan tinggi seperti tenis, sepak bola, dan basket.

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading