Sukses

Parenting

Anak-Anak Pun Juga Bisa Beruban

Bunda mungkin tidak menyadarinya sampai anak Bunda berkata bahwa ia di olok-olok karena rambutnya yang mulai memutih atau beruban. Bunda tentu tak ingin kan anaknya beruban lebih cepat daripada anak yang lain. Bunda tidak usah khawatir karena rambut beruban pada anak bisa diatasi.

Rambut yang beruban belum pada waktunya bisa disebabkan karena berbagai hal, bisa karena keturunan, kekurangan vitamin B12, anemia, vitiligo, atau bahkan leukimia. untuk uban yang disebabkan karena penyakit perlu diketahhi melalui pemeriksaan terlebih dahulu.

Dilansir dari medimanage.com, untuk mengatasi rambut beruban pada anak, Bunda harus memastikan asupan vitamin dan mineral yang cukup seperti vitamin A yang membantu menyehatkan kulit kepala dan membuat rambuh lebih berkilau. Sayuran berdaun hijau tua serta buah berwarna kuning atau oranye adalah sumber vitamin A yang baik. Vitamin B juga penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut karena membantu mengeluarkan minyak di kulit kepala. Berilah anak sayuran hijau, tomat, bunga kol, serta pisang untuk mencukupi vitamin B-nya.

Beberapa mineral seperti zinc dan zat besi membantu untuk menghasilkan melanin, zat alami dalam tubuh yang penting untuk menjaga kekuatan rambut sehingga tidak gampang beruban. Asupan protein juga harus ditambah karena dapat membuat rambut ceah alami dan memiliki terkstur yang bagus.
Anjurkan anak untuk banyak meminum air putih serta hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan manis seperti permen atau coklat.

Muhammad Faris

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading