Sukses

Parenting

Serba-Serbi Biaya Bayi Tabung

Bagi banyak pasangan suami-istri, perjuangan untuk mendapatkan keturunan terasa sangat berat. Sudah bertahun-tahun menikah namun belum dititipi buah hati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Jika sudah begini, usaha bayi tabung yang terkenal mahal pun mau tak mau harus dicoba. Eh, tapi apa iya, bayi tabung itu mahal? Semahal apa, sih? Berikut serba-serbi biayanya.

Menurut daftar biaya tiap treatment yang dijelaskan oleh morulaivf.com, total biaya keseluruhan terapi bayi tabung bisa mencapai sekitar 100 juta rupiah. Jumlah tersebut sudah termasuk biaya jasa dokter, perawat dan obat-obatannya. Yang harus Anda perhatikan dalam upaya bayi tabung adalah bahwa treatment dan jumlah obat yang diberikan pada satu pasien dengan pasien lainnya tidak sama. Hal ini dikarenakan perbedaan masalah yang dihadapi tiap pasangan suami istri berbeda-beda, sehingga harganya pun bervariasi.

Pendapat lain dari teratai-clinic.com, biaya yang harus Anda keluarkan untuk paket terapi lengkap bayi tabung adalah sekitar 50-65 juta rupiah, tergantung dari respon sistem reproduksi Anda terhadap terapi. Biaya obat-obatannya sendiri sekitar 15 juta rupiah. Selebihnya merupakan biaya jasa konsultasi dokter, pemrosesan indung telur dan segala macamnya.

Peluang keberhasilan dan jangka waktu yang diperlukan untuk setiap pasien terapi tentu berbeda-beda. Ada yang satu kali mencoba langsung berhasil, ada pula yang hingga 5 kali percobaan belum berhasil juga. Jika ini terjadi, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk beristirahat cukup lama dari upaya bayi tabung ini sebelum memulai terapi berikutnya. Tentunya jika Anda ingin mencoba lagi.

Mazhi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading