/kesehatan/32144-cegah-obesitas-sejak-dini.html

Cegah Obesitas Sejak Dini

Selasa, 27 Agustus 2013 01:59



(c) shutterstock

Vemale.com - Obesitas merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat dihindari sejak dini. Menjaga berat badan agar tetap ideal tidak hanya membantu Anda bebas dari obesitas, namun juga memberikan keuntungan pada penampilan Anda. Apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah obesitas?

Situs stanfordhospital.org mengatakan bahwa menimbang badan secara teratur membantu Anda mengontrol berat badan Anda. Hal itu juga sebaiknya diimbangi dengan melakukan olahraga teratur untuk membakar kalori yang ada di tubuh Anda. Setidaknya, lakukan aktivitas sedang yang mampu membuat Anda mengeluarkan keringat selama 30 menit per hari. Berjalan-jalan atau sekedar naik-turun tangga di kantor selama 15 menit dapat membantu Anda melakukan hal tersebut. Setiap hal kecil sangat berpengaruh.

Selanjutnya, perhatikan baik-baik pola makan Anda. Pola makan yang tepat membantu Anda untuk tetap berada pada berat badan yang ideal. Sangat disarankan untuk mengonsumsi enam sampai tujuh porsi buah dan sayur setiap harinya. Variasikan hidangan dari semangkok buah atau sayur segar, sayur yang ditumis sebentar, buah kering, atau buatlah jus dengan pemanis alami. Kombinasikan dengan roti gandum atau nasi merah agar semakin mantap. Hindari memilih makanan berlemak atau kaya kalori, padahal prosinya hanya kecil. Mengonsumsi daging boleh-boleh saja, asal bijak dalam mengatur porsinya. Sangat tidak disarankan untuk malah memesan porsi berlebihan di restoran cepat saji.

Kalau telaten, catat dan ukurlah pola makan Anda dalam sebuah catatan. Hitung apakah Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dan lebih sedikit membakarnya. Tunggu apa lagi? Yuk cegah obesitas sejak dini!

Isdiana Zulidha

(vem/ova)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

20 Oktober - 26 Oktober
Masalah karir tidak ada masalah yang cukup pelik Anda harus lebih...