Sukses

Beauty

Waduh, Faktanya Tidak Ada Yang Namanya Berat Badan Ideal!

Selama ini, yang tertanam dalam pikiran wanita adalah tubuh kurus langsing menawan bak model adalah tubuh yang ideal. Berat badan ideal kerap diasosiasikan dengan tubuh kurus dan langsing. Tapi apakah benar ada berat badan ideal?

BMI atau indeks massa tubuh digunakan sebagai ukuran ideal tidaknya berat badan dengan tinggi badan seseorang. Bila tinggi sekian, maka berat badan yang ideal adalah sekian kilogram dan seterusnya. Indeks massa tubuh adalah standar untuk menentukan siapa yang punya berat badan normal, berlebihan sampai obesitas. Tetapi untuk mengukur lemak dan menentukan penyebab kondisi kesehatan yang buruk, indeks massa tubuh tidak bisa digunakan, demikian tulis peneliti dalam jurnal Science.

Ternyata, berat badan ideal itu tidak ada ladies! Ideal atau tidak berat badan seseorang itu tidak bisa ditentukan dengan metode apapun. Berat badan bergantung pada gen, jenis kelamin, dan faktor penting lainnya sehingga bila kita menentukan berat badan ideal adalah sekian puluh kilogram, maka hal ini belum tentu berlaku bagi teman atau saudara kita.

"Banyak penelitian bergantung pada indeks massa tubuh, padahal metode tersebut tidak terlalu akurat," ungkap Dr Rexford Ahima dari University of Pennsylvania, dikutip dari merdeka.com. Ada 3 jenis indeks massa tubuh dan bila sudah mencapai angka 30 maka bisa dikatakan rawan karena bisa terkena obesitas, memicu beberapa penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kematian.

Hasil dari indeks massa tubuh ini sendiri kerap menjadi 'horror' bagi wanita. Sedikit saja di atas berat badan ideal, wanita bisa langsung panik dan diet mati-matian agar tubuhnya kembali ke berat badan ideal. Tapi kelebihan berat badan bukan berarti berlebihan lemak lho! Indeks massa tubuh tidak bisa menghitung kelebihan lemak dalam tubuh, karena itulah diet dengan tujuan menghancurkan lemak justru bisa berakhir penyakit karena bisa saja yang berlebih dalam tubuh itu bukanlah lemak.

Nah ladies, bila Anda merasa tubuh Anda kurang ideal atau indeks massa tubuh Anda kurang ideal maka jangan langsung menjalankan diet secara sembarangan ya. Lebih baik berkonsultasilah dengan ahli gizi karena bisa saja pemicu berat badan tidak ideal Anda bukan lemak tapi gula atau konsumsi karbohidrat berlebihan. Tapi yang pasti, Anda cantik kok tanpa harus menjadi sekurus model Victoria Secret!

BACA JUGA

Apa Yang Perlu Dilakukan Untuk Mencegah Diabetes?

Keuntungan Melakukan Diet bagi Penderita Diabetes

Membuat Rencana Makan Anak Penderita Diabetes

Diet Diabetes Khas India

4 Mitos Tentang Diabetes

9 Makanan Super untuk Diabetes

Diet Detoks untuk Diabetes

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading