Sukses

Parenting

Metode-Metode Hormonal Program KB

Keluarga Berencana atau KB adalah salah satu program yang dikeluarkan pemerintah beberapa tahun yang lalu untuk mengatasi ledakan jumlah penduduk yang memang sempat terjadi. Dalam program ini, setiap keluarga dianjurkan untuk memiliki anak tidak lebih dari 2. Banyak orang yang setuju dengan ide ini, namun ada banyak juga yang tidak setuju dengan program pemerintah yang satu ini.

Bagi yang setuju untuk memiliki anak tidak lebih dari 2, mereka banyak mencari informasi yang berhubungan dengan program Keluarga Berencana ini. Salah satu informasi yang ingin mereka dapatkan adalah metode apa saja yang bisa mereka gunakan untuk membatasi kehamilan mereka.

Salah satu metode yang biasa digunakan dalam program KB adalah metode hormonal. Seperti yang dikutip dalam laman marshall.edu, terdapat beberapa jenis metode hormonal yang dapat dipilih yang meliputi

Pil KB
Pil ini mengandung dua hormon, yaitu hormone estrpgen dan progestin. Pil ini harus diminum setiap hari di waktu yang sama.

Pil Mini
Pil yang satu ini, tidak seperti pil KB, hanya mengandung salah satu jenis hormon yang ada di dakam pil KB tersebut. Hormon yang tergantung dalam pil ini adalah hormon Progestin. Pil ini biasanya diresepkan untuk wanita yang tidak bisa mengkonsumsi pil yang mengandung estrohen

Suntikan KB
Suntikan ini ditujukan untuk menghambat sperma untuk dapat mencapai indung telur dan mengalami pembuahan. Tingkat keefektifan dari suntikan ini mencapai 99,7%. 3 bulan sekali adalah waktu yang dianjurkan untuk mendapatkan suntikan ini.

Meilia Hardianti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading