/kesehatan/31568-nasehat-dokter-agar-tak-terkena-kanker-payudara.html

Nasehat Dokter Agar Tak Terkena Kanker Payudara

Sabtu, 31 Agustus 2013 09:30



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Mastektomi yang dilakukan Angelina Jolie pada kedua payudaranya adalah kegiatan berani yang dilakukan untuk mencegah kanker menggerogoti tubuhnya. Tak ingin kanker juga merenggut nyawanya, Jolie mengambil resiko sebagai selebriti dan public figure kehilangan bagian tubuh yang dianggap sangat penting bagi wanita.

Sekalipun ia akhirnya menanamkan implan demi menunjang performa di dunia entertain, apa yang dilakukan Jolie ini tak bisa dipandang sebelah mata. Kita mungkin tahu, bahwa kanker payudara akhir-akhir ini cukup intens mengganggu wanita. Sudah sekian banyak wanita terserang penyakit ini, ada yang bisa bertahan ada pula yang akhirnya kehilangan nyawa.

Kanker payudara adalah momok mengerikan yang bisa kapan saja mengancam wanita. Anda juga perlu tahu, gen bukanlah penyebab nomer satu seseorang bisa terkena kanker payudara. Ada banyak penyebab lain yang terkadang tak pernah dipikirkan sebelumnya.

Dr Susan Love, pendiri Susan Love Research Foundation di Santa Monica, California memberikan sedikit saran agar wanita terhindar dari ancaman kanker payudara.

Selalu berolahraga

Tak perlu menunggu sakit atau mengalami overweight untuk berolahraga. Pastikan setiap hari Anda punya waktu untuk berolahraga dan menjaga agar BMI berada di bawah angka 25. Ternyata faktor kegemukan juga meningkatkan resiko terkena kanker payudara, apalagi jika sistem immune tubuhnya lemah.

80% kasus kanker payudara muncul secara spontan, tanpa ada hubungan dengan silsilah keluarga. Sehingga ia seperti penyakit yang sedang meneror wanita secara random. Anda mungkin tak pernah punya keluarga yang terkena kanker payudara, namun Anda harus tetap waspada dan berhati-hati. Pencegahan langkah pertama adalah dengan olahraga yang tak harus memakan waktu Anda lama.

Menjaga asupan makanan

Anda harus cerdas memilih makanan apa yang masuk ke dalam perut Anda. Tak hanya memilih makanan yang enak-enak saja, ketahui nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya, dan apakah manfaatnya untuk tubuh. Apabila toh makanan itu hanya enak dimakan tapi tak bermanfaat, mengapa harus dibeli? Bisa saja ia justru akan menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh kan?

Mencegah kanker, perbanyak konsumsi makanan berantioksidan, yang bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran.

Kontrasepsi 5 tahunan

Disarankan oleh dokter Jacqueline Miller dari Atlanta untuk mengganti alat kontrasepsi setiap 5 tahun sekali. Kanker payudara sangat dipengaruhi oleh hormon estrogen, yang apabila jumlahnya terlalu tinggi maka dapat membantu perkembangan sel kanker.

Deodoran tidak menyebabkan kanker payudara

Penyebab kanker payudara dewasa ini adalah lifestyle yang buruk. Jadi, desas desus tentang deodoran yang dapat memicu kanker payudara hanyalah mitos.

Problem yang bisa terjadi karena deodoran adalah iritasi akibat bahan yang tidak cocok pada kulit.

Kanker payudara bukan kasus darurat

Tidak perlu panik berlebihan saat Anda divonis menderita kanker payudara. Sekalipun berbahaya, kanker payudara bukan kasus darurat yang membutuhkan pertolongan detik itu juga.

Anda harus melakukan penelitian detail sehingga alternatif pengobatan bisa dipikirkan yang terbaik untuk diri Anda. Disarankan pula untuk meminta second opinion untuk memastikan kondisi penyakit Anda. (vem/bee)

BACA JUGA:

Gen Tidak Picu Kanker Payudara

Beberapa Manfaat Vaksin untuk Kanker Payudara

Menyusui dan Penurunan Resiko Kanker Payudara, Apakah Berkaitan?

Khasiat Lidah Buaya pada Kanker Payudara

Menyusui Kurangi Resiko Kanker Payudara

Soal Kanker Ini, Fakta Atau Mitos?

Vitamin D dan Kanker Payudara

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----






ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Sagitarius

15 Desember - 21 Desember
Hei jangan takut untuk berbuat lebih dibandingkan orang lain Sedikit usaha...