Sukses

Parenting

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Ladies, tahukah Anda bahwa gigi susu merupakan cetakan gigi dewasa anak-anak Anda nanti. Itulah salah satu sebab mengapa kita harus memperhatikan kesehatan gigi anak kita. Untuk itu, inilah beberapa info yang Anda butuhkan mengenai kesehatan gigi si kecil, dikutip dari kidshealth.org.

1. Perawatan kesehatan gigi bayi sebaiknya dilakukan sebelum gigi pertama bayi tumbuh. Caranya adalah dengan menggosok gigi; membersihkannya dengan lap kain halus, dan jari untuk memijat gusi.

2. Ketika bayi berumur 1 hingga 2 tahun, Anda bisa mulai menggosok gigi dan gusi bayi dengan menggunakan sikat gigi khusus bayi, dengan sedikit saja olesan pasta gigi.

3. Setelah menginjak umur 2 tahun, anak Anda akan sudah bisa meludah. Ini adalah saat yang tepat untuk mengajari gosok gigi dengan pasta gigi sebesar biji jagung, dan meludah, serta berkumur.

4. Usahakan untuk tidak membiarkan bayi tidur dengan sisa susu masih menempel di gigi, seperti ketika bayi tertidur akibat kenyang minum susu. Oleh sebab itu, bersihkan dengan lap halus basah.

5. Anda disarankan untuk memiliki dokter gigi pribadi. Dengan begitu, Anda bisa konsultasi setiap saat dan mendapatkan perhatian khusus.

6. Buatlah peraturan yang harus ditaati oleh semua orang yang dekat dengan bayi Anda. Misalkan, anak Anda tidak boleh makan permen dan coklat. Kalau misalkan dia ingin, maka anak Anda hanya boleh menjilat sedikit saja. Bila dia sangat ingin, maka berikan satu buah saja, dan kemudian menyikat gigi setelah permen dan coklat habis.

Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading