Sukses

Parenting

Bagaimana Membersihkan Telinga Bayi?

Ladies, apakah Anda sering membersihkan telinga anak Anda dengan cotton bud? Ternyata Ladies, Anda tidak perlu melakukannya, karena telinga secara teratur membersihkan kotoran yang masuk kedalam telinga setiap hari.

Menurut kidshealth.org, ternyata membersihkan telinga anak Anda dengan menggunakan cotton bud malah menyebabkan penumpukan kotoran telinga, dan mendorongnya untuk masuk lebih dalam. Bahkan, kotoran itu bisa menyebabkan penyumbatan, sehingga bayi merasa tidak nyaman dan merasakan rasa sakit pada telinga.

Tentu saja, apabila hal itu sudah terjadi, maka hanya dokter yang boleh membersihkan telinga itu dan mengambil kotoran yang menyumbat. Tidak hanya itu; dokter juga yang menentukan apakah Anda boleh membersihkan telinga anak Anda lagi atau tidak.

Lalu, apakah telinga tidak akan menjaid kotor bila tidak dibersihkan?
Ternyata, telinga kita mendorong kotoran dan minya telinga ke luar rongga telinga setiap kali kita berbicara, mengunyah, dan tertawa. Pada bayi yang belum bisa tertawa atau bicara, maka hal itu akan terjadi setiap kali bayi menangis.

Tapi Ladies, kotoran telinga ternyata memiliki banyak manfata bagi bayi kita. Karena berbentuk seperti minyak, kotoran telinga mencegah hewan-hewan kecil yang ingin masuk ke dalam telinga bayi kita. Minyak juga akan menangkap debu-debu.

Bila Anda ingin membersihkan telinga bayi, maka bersihkan daun telinga saja. Anda cukup membersihkan daun telinga bayi Anda, atau mengusapnya dengan air setiap kali mandi.

Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading