Sukses

Parenting

Hati-Hati Dengan Amblyopia Pada Anak

Perawatan kesehatan pada anak sangatlah banyak, apalagi pada bagian-bagian tubuh yang penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. Moms pasti bertanya-tanya apa itu amblyopia? Amblyopia berhubungan dengan kesehatan anak khususnya mata. Amblyopia adalah penyakit yang juga disebut mata malas, yaitu keadaan dimana salah satu mata tidak dapat melihat dengan baik.

Mata berhubungan langsung dengan otak. Otak akan menerima gambar kualitas baik dan jelek apabila salah satu mata tidak berfungsi dengan baik. Bila dibiarkan lama, otak akan membiasakan diri dengan mengabaikan gambar dari mata yang bermasalah. Ini akan mengakibatkan kondisi mata yang bermasalah semakin memburuk.

Amblyopia dapat disebabkan oleh juling atau katarak pada salah satu mata. Dilansir dari webmd.com, penanganan dapat dilakukan dengan memakai tutup mata pada mata yang sehat. Ini akan memaksa mata yang bermasalah untuk melihat sendiri dan dapat melihat lebih baik. Setelah itu penutup mata boleh dilepas. Apabila penyebabnya adalah juling, tindakan operasi pada otot mata dapat dilakukan.

Tetes mata khusus juga bisa dilakukan, Moms. Tetes mata ini akan diberikan pada mata yang sehat, memaksa pandangan menjadi kabur sehingga sama dengan mata yang bermasalah.

Moms harus memeriksakan kesehatan mata anak saat sebelum anak memasuki dunia sekolah. Semakin awal dideteksi akan semakin mudah pengobatannya. Pada usia lebih dari 9 tahun, amblyopia akan semakin sulit diobati lho, Moms.


Muhammad Faris

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading