Sukses

Parenting

Asam Folat Cegah Cacat Kandungan

Ladies, salah satu ketakutan terbesar wanita saat hamil adalah terjadinya kelainan pada kandungannya. Cacat pada janin ini biasa dipahami sebagai kelainan pada struktur, fungsi atau metabolisme yang mengakibatkan penyimpangan fungsi fisik dan atau mental.

Masalahnya, sebagian cacat kandungan bisa berakibat fatal. Statistik medis mencatat bahwa sebagian besar kematian bayi pada tahun pertama disebabkan kelainan ini. Ih, ngeri ya Ladies.

Untungnya Moms, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah cacat kandungan. Salah satunya adalah memperbanyak konsumsi suplemen atau makanan yang mengandung asam folat.

Seperti dilansir dalam nhs.uk, asam folat sangatlah penting pada masa kehamilan karena dapat membantu mencegah cacat lahir atau cacat tabung saraf. Untuk pencegahan cacat kandungan Anda bisa mengkonsumsi 400 mikrogram tablet asam folat per hari sampai usia kehamilan Anda mencapai 12 minggu.

Ladies, biasanya dokter Anda akan menyarankan untuk tidak sepenuhnya mengonsumsi asam folat dalam bentuk tablet, tapi juga konsumsi yang berasal dari makanan seperti sayur-sayuran dan beras merah. Beberapa sereal, roti dan margarin adalah makanan yang tepat untuk sarapan karena mengandung asam folat.

Bagi Moms yang telah divonis mengandung janin dengan cacat tabung saraf, Anda disarankan mengambil dosis yang lebih tinggi, sekitar 5 miligram asam folat setiap hari, sampai kehamilan berusia 12 minggu. Risiko terjadinya cacat pada tabung saraf biasanya disebabkan karena menderita diabetes atau mungkin pada kehamilan sebelumnya Anda sudah memiliki riwayat penyakit yang sama. Demikian juga dengan Moms yang memakai obat anti epilepsi, sepertinya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengambil dosis tinggi dalam penggunaan tablet asam folat.

Nah Ladies, demikian pentingnya asam folat untuk melindungi janin dari resiko cacat kandungan. Mari jaga si kecil dengan baik ya, terima kasih!

Lucky Kresna Putra

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading