Sukses

Beauty

Serba Serbi Penyebab Gigi Sensitif

Anda mungkin hanya salah satu orang saja yang juga mengalami problem gigi sensitif. Dan biasanya muncul ketika makan makanan yang terlalu dingin, terlalu panas atau makanan yang rasanya asam.

Mengganggu? Tentu saja, bahkan terkadang sampai menyebabkan sakit kepala sebelah yang rasanya luar biasa sakitnya. Gigi sensitif juga tak selalu berada di bagian belakang, terkadang gigi sensitif muncul di bagian depan. Dan rasanya lebih menjengkelkan.

Sebenarnya, apa sih penyebab gigi sensitif ini?

Peregangan gusi

Salah satu penyebab gigi sensitif adalah peregangan gusi yang disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah karena salah menggosok gigi. Menggosok gigi yang benar ada caranya. Disarankan agar tidak terlebih dahulu berkumur, tetapi justru langsung menyikat dengan pasta gigi sehingga pasta gigi jauh lebih efektif dalam bekerja.

Minuman tinggi asam

Apabila Anda minum minuman tinggi asam, maka Anda akan jauh lebih sering terserang gigi sensitif. Asam di dalam minuman tersebut menyebabkan erosi enamel dan dentin yang seharusnya melindungi gigi.

Mengikis gigi

Kebiasaan mengikis gigi terkadang dilakukan tanpa sengaja. Namun, hal ini ternyata cukup berpengaruh terhadap kondisi gigi sensitif. Lambat laun, gigi akan menjadi tipis dan rapuh.

Pasta gigi yang formulanya keras

Ada berbagai pilihan pasta gigi yang beredar di masyarakat. Namun, Anda harus bijak memilih pasta gigi yang tepat. Pasta gigi yang disarankan untuk gigi sensitif adalah yang memang dianjurkan untuk gigi sensitif. Selain melakukan perlindungan, biasanya juga akan membantu pembangunan kembali.

Menggosok gigi teratur

Gosoklah gigi teratur setidaknya 3 kali sehari untuk menyingkirkan bakteri jahat di rongga mulut. Selain itu, menggosok gigi juga akan melindungi bagian enamel gigi yang rapuh, agar tidak diserang oleh bakteri jahat.

Gusi terluka

Gusi yang meregang umumnya mudah terkena infeksi, sehingga mudah berdarah serta menyebabkan gigi jadi rapuh. Melalui regangan ini pula, bakteri dengan mudah melakukan serangan pada akar gigi, sehingga tak heran bila infeksi akan membuat gigi jadi lemah dan sensitif.

Tidak cocok pasta gigi

Sekali lagi, memilih pasta gigi memang harus teliti. Tak bisa asal memakai pasta gigi karena ada kemungkinan bahwa seseorang tidak cocok menggunakan pasta giginya. Beberapa formula pasta gigi malah dapat menyebabkan problem kesensitifan gigi semakin meningkat.

Obat kumur

Jangan salah ya, justru sebagian besar problem gigi malah disebabkan obat kumur. Apalagi yang kandungan alkoholnya cukup tinggi. Umumnya, pemakaian mouthwash juga tak boleh dilakukan setiap hari. Mouthwash dapat membunuh flora di dalam gigi, sehingga justru mempersilahkan bakteri berkembang biak di sana dan membuat karang gigi.

Untuk itu, disarankan lebih baik menggunakan air garam saja untuk berkumur agar bakteri jahat bisa mati, namun flora di dalam gigi tetap hidup. [initial]

BACA JUGA:

Makanan Penyebab Bau Mulut

Minum Susu Dapat Mencegah Kerusakan Gigi

Benarkah ASI Sebabkan Gigi Rusak?

Karies Gigi Pada Anak

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Gigi Berlubang Sebabkan Sakit Jantung

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading