/kesehatan/30966-olahraga-murah-manfaat-naik-turun-tangga.html

Olahraga Murah: Manfaat Naik Turun Tangga

Senin, 19 Agustus 2013 14:00



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Tak pernah punya waktu ke gym? Ada cara untuk tetap menjaga kebugaran dan kelangsingan tubuh.

Lewat tangga yang ada di kantor atau ditemui di perjalanan, Anda bisa kok melatih otot dan memanfaatkannya sebagai media menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan.

Cara ini sekaligus menghemat waktu Anda tanpa harus berlama-lama di gym dan kehilangan banyak waktu penting.

Sebelumnya, intip dulu apa saja sih manfaat olahraga dengan memanfaatkan tangga ini?

Anaerobic fitness

Dilansir oleh Indiatimes, naik turun tangga termasuk anaerobic fitness, di mana Anda bisa meningkatkan kemampuan bernafas lebih panjang dan tidak mudah lelah melalui latihan ini. Secara bertahap, Anda tidak akan mudah ngos-ngosan ketika melakukan sebuah aktivitas yang terburu-buru dan berat.

Aerobic fitness

Naik turun tangga juga termasuk aerobic fitness, yang membantu melatih organ kardiovaskuler serta meningkatkan metabolisme secara bertahap. Anda mungkin merasa lelah di minggu-minggu awal, namun bila sudah terbiasa, Anda akan merasa lebih bugar.

Cardio training

Tak harus lari di atas treadmil, karena naik turun tangga saja sudah menjadi latihan cardio tersendiri. Anda bisa menentukan berapa lama Anda harus naik turun tangga. Dan berapa jauh jarak yang harus Anda tempuh.

Core training

Naik turun tangga juga dapat membantu mengurangi rasa ngilu di persendian serta punggung. Terutama Anda yang kerap kali bekerja dengan duduk di balik meja. Umumnya persendian dan punggung serta leher mudah lelah, sementara naik turun tangga akan membantu meredakan nyeri tersebut.

Membantu membentuk otot

Pembentukan otot kaki dengan cara yang mudah dan sederhana adalah lewat naik turun tangga. Tak hanya menjangkau kaki bagian bawah saja, namun latihan ini juga efektif untuk memangkas lemak di area pinggul, perut, serta paha.

Mengurangi berat badan

Dilakukan secara rutin, lemak-lemak pada tubuh akan terkikis, dan kalori terbakar. Inilah mengapa kemudian secara signifikan berat badan Anda akan turun setelah seringkali naik turun tangga.

Menguatkan otot

Tak perlu takut akan osteoporosis, untuk mencegahnya cukupi kebutuhan akan kalsium serta lakukan latihan naik turun tangga. Apabila Anda sudah terlanjur menderita osteoporosis, maka Anda bisa memijakkan kaki dengan perlahan saja sambil minggu demi minggu meningkatkan intensitas serta kecepatan.

Sebenarnya ada beragam latihan naik turun tangga yang bisa dilakukan. Namun, naik turun dengan gerakan regular sudah cukup membantu latihan Anda banyak dan membuat tubuh memaintain berat badan. Jadi, jangan malas menggunakan tangga ketimbang eskalator atau lift ya. (vem/bee)

BACA JUGA:

Begini Lho Cara Jalan Kaki Yang Bisa Membakar Lemak

Nah Ini Dia Makanan Yang Bikin Tetap langsing

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan (Dan Tidak Naik Lagi)

Menyusui Mengatasi Masalah Berat Badan Pasca Melahirkan

Menyusui Bayi Dapat Menurunkan Berat Badan?

Minum Kopi Dapat Menurunkan Berat Badan






ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

24 November - 30 November
Banyak kerjaan dan tantangan baru yang akan kamu hadapi Ada banyak...